Syarat Membuat Kartu Kredit Online Agar Diterima

ulinulin.com – Apakah Anda berencana untuk apply kartu kredit? Untuk membuat sebuah keputusan finansial besar, Anda perlu untuk mengetahui dengan baik mengenai hal tersebut. Hal ini juga berlaku ketika Anda memutuskan untuk melakukan apply kartu kredit. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan apply kartu kredit, seperti biaya tambahan atau limit dari kartu kredit tersebut.

Adakah Toleransi Keterlambatan?

Ketika Anda memutuskan untuk apply kartu kredit, pembayaran kartu kredit haruslah menjadi prioritas di setiap bulannya. Namun, mungkin akan ada kondisi-kondisi yang menyebabkan Anda tidak dapat melunasi kartu kredit Anda tepat waktu, seperti karena sakit, pindah, ataupun hal lain yang tidak dapat Anda hindari. Apakah pihak penyedia kartu kredit mampu mentoleransi hal tersebut?

Toleransi yang diberikan bank dapat berupa toleransi keterlambatan, atau berupa fasilitas atau sistem yang dapat meminimalkan keterlambatan pembayaran kartu kredit. Beberapa bank memberikan toleransi untuk keterlambatan pertama, namun menetapkan denda untuk keterlambatan berikutnya.

[Baca Juga: Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit]

Apakah Anda Dapat Menetapkan Batas Pembayaran?

Menetapkan sendiri batas waktu pembayaran kartu kredit Anda merupakan salah satu cara untuk meminimalkan keterlambatan pembayaran kartu kredit Anda. Dengan menentukan sendiri batas waktu pembayaran Anda, Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan kondisi finansial Anda.

Sebaiknya Anda menetapkan batas waktu pembayaran kartu kredit Anda ketika kondisi finansial Anda sedang tidak terlalu ketat. Namun, pada umumnya, Anda tidak dapat menetapkan batas waktu pembayaran kartu kredit Anda pada tanggal 29, 30, atau 31, karena tidak setiap bulan memiliki tanggal tersebut.

Apakah Bunga Kartu Kredit Anda Dapat Dikurangi?

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki kartu kredit dan memiliki transaksi dalam jumlah yang cukup banyak, Anda dapat meminta pihak penyedia kartu kredit Anda untuk menurunkan besaran bunga kartu kredit Anda.

Hal lain yang dapat menjadi tanda bahwa Anda dapat meminta keringanan bunga adalah jika Anda mendapatkan surat penawaran kartu kredit premium. Apabila Anda mendapatkan penawaran tersebut, Anda dapat menghubungi pihak penyedia kartu kredit Anda untuk mengkonfirmasi penawaran tersebut dan meminta mereka menurunkan bunga kartu kredit Anda.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit?]

Apakah Limit Kartu Kredit Anda Dapat Ditingkatkan?

Anda selalu bisa meminta pihak penyedia kartu kredit untuk meningkatkan limit kartu kredit Anda. Namun, untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu mengetahui manfaat dan risiko yang Anda terima dari meningkatkan limit kartu kredit Anda. Anda juga dapat menanyakan kemungkinan untuk menurunkan limit kartu kredit Anda dan hal-hal yang dapat menyebabkan hal tersebut. Kartu kredit dengan limit yang lebih tinggi tentu saja akan memberikan Anda akses yang lebih banyak, namun hal ini juga dapat menyulitkan Anda, khususnya mengenai pembayaran. Selain itu, riwayat penggunaan kartu kredit yang buruk juga dapat menyebabkan pihak penyedia kartu kredit menurunkan kembali limit kartu kredit Anda.

Pada dasarnya, pihak penyedia kartu kredit memiliki pertimbangan tertentu untuk meningkatkan limit kartu kredit Anda. Ada dua hal umum yang perlu Anda lakukan apabila Anda ingin meningkatkan limit kartu kredit Anda, yaitu menggunakan kartu kredit Anda dan melakukan pembayaran sesuai tenggat. Pihak penyedia kartu kredit melakukan evaluasi secara berkala terhadap nasabah mereka dan mereka hanya akan memberikan peningkatan limit kartu kredit kepada nasabah yang mereka anggap memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit]

Hal Apa Saja yang Dapat Membatalkan Poin Anda?

Beberapa kartu kredit menawarkan reward atau keuntungan yang dapat Anda terima dengan mengumpulkan sejumlah poin tertentu. Apabila poin dan keuntungan menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk melakukan apply kartu kredit, Anda perlu untuk bertanya mengenai kondisi yang membuat poin atau keuntungan yang Anda peroleh menjadi tidak berlaku.

Apakah Syarat dan Ketentuan yang Berlaku Dapat Berubah?

Anda dapat bertanya kepada pihak penyedia kartu kredit mengenai kemungkinan perubahan syarat dan ketentuan yang berlaku, dan bagaimana hal tersebut dapat Anda ketahui. Apakah mereka memiliki suatu sistem atau fasilitas yang memungkinkan Anda mengetahui perubahan atas syarat dan ketentuan yang berlaku terkait kartu kredit Anda.

[Baca Juga: Apakah Kartu Kredit Boleh Digunakan untuk Dana Darurat?]

Bagaimana Jika Anda Mengalami Kebangkrutan?

Meskipun Anda tidak ingin mengalami bangkrut, namun tidak ada salahnya menanyakan hal ini kepada pihak penyedia kartu kredit Anda. Tanyakan pada mereka mengenai situasi terburuk yang mungkin terjadi pada Anda dan bagaimana mereka menyikapi hal tersebut. Apakah Anda akan kehilangan poin dan keuntungan yang telah Anda kumpulkan, atau Anda harus membayar biaya tertentu karena hal tersebut? Beberapa pihak penyelenggara kartu kredit memiliki program untuk meringankan bunga kartu kredit bagi nasabah yang mengalami kesulitan finansial, namun ada pula yang tidak. Anda dapat memastikan hal tersebut sebelum memutuskan untuk memberikan pengajuan kartu kredit.

Apa saja pertanyaan yang biasa Anda tanyakan sebelum melakukan apply kartu kredit online? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar dan bagikan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka dapat lebih berhati-hati dalam melakukan pengajuan kartu kredit, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Dana Dratch. 3 Agustus 2011. Choosing a credit card – 9 questions to ask. Bankrate.com – https://goo.gl/PLaQmZ

    Jeff Cuellar. 3 Oktober 2014. 7 Important Questions You Should Ask Your Credit Card Issuer. Moneysmart.sg – https://goo.gl/1ibqCc

    Ellen Cannon. 1 Agustus 2016. 6 Questions You Should Ask Your Credit Card Issuer. Nerdwallet.com – https://goo.gl/GyjFiE

Sumber Gambar:

    Kartu Kredit – https://goo.gl/xGaU7a dan https://goo.gl/z8rWZJ

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”