Tablet Samsung Galaxy Tab S8 Series Mulai Kebagian Android 12L

ulinulin.com – Setelah dinanti-nanti, lini tablet Samsung Galaxy Tab S8 series akhirnya resmi kebagian sistem operasi (OS) yang dirancang khusus untuk perangkat berlayar besar, yaitu Android 12L.

Melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (17/10/2022), Samsung Indonesia memastikan bahwa trio Galaxy Tab S8 “reguler”, Galaxy Tab S8 Plus, dan Galaxy S8 Ultra mendapatkan upgrade (OS) Android 12L melalui pembaruan (update) antarmuka OneUI 4.1.1.

Selama ini, Galaxy Tab S8 series menjalankan sistem operasi Android 12 yang biasa digunakan di smartphone dengan layar tak lebih dari 7 inci, dilapisi dengan antarmuka 4.1. Ini membuat antarmuka dan sejumlah tampilan aplikasi menjadi kurang optimal saat ditampilkan di perangkat layar besar.

Nah, dengan hadirnya Android 12L, jendela aplikasi akan semakin optimal ketika ditampilkan di Galaxy Tab S8 series.

Fitur baru Android 12L

Taskbar

Taskbar sendiri adalah bilah berisi deretan ikon aplikasi yang ditampilkan di bagian bawah layar. Contoh mudahnya, fitur ini mirip dengan deretan ikon aplikasi alias taskbar yang ada di perangkat laptop atau komputer (PC).

Dengan adanya taskbar, pengguna tablet Galaxy Tab S8 series dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan lebih mudah dan mulus (seamless), yakni dengan hanya mengeklik ikon aplikasi yang berada di taskbar.

Ini menjadi salah satu pembaruan besar yang datang ke tablet Samsung. Sebab, selama ini, pengguna tak jarang menemui tampilan layar yang melebar (tidak proporsional) dalam mode OneUI 4.1. Sebab, mode tablet seperti pada ponsel biasanya.

Pengguna harus beralih dulu ke mode Samsung DeX agar memiliki bilah taskbar dan bisa mengatur ukuran jendela aplikasi agar tidak melar dan enak dipandang.

Split screen dengan App pair

Upgrade Android 12L juga membawa peningkatan fitur split screen untuk penunjang multitasking.

Fitur split screen memungkinkan pengguna untuk membuka tiga aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Rasio split screen masing-masing jendela bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Samsung memastikan bahwa, lewat pembaruan Android 12L ini, semakin banyak aplikasi pihak ketiga yang kompatibel dan dapat beradaptasi dengan perangkat berlayar besar seperti Galaxy Tab S8 series.

Split screen ini juga dilengkapi dengan fitur App Pair, di mana pengguna bisa memilih hingga tiga aplikasi favorit untuk secara default dibuka dalam mode split screen.

Jadi, pengguna tidak perlu bolak-balik drag dan drop aplikasi yang biasa dibuka dalam mode split screen.

Fitur pop-over transparan

Pengguna Samsung Galaxy Tab S8 series juga kini bisa menikmati fitur “pop-over transparan”. Fitur ini memungkinkan pengguna mengintip jendela aplikasi lain, tanpa perlu benar-benar membukanya.

Fitur pop-over kompatibel untuk aplikasi Samsung Calendar, Clock, dan Reminder.

Misalnya, saat ingin menambahkan kegiatan baru di Samsung Calendar, pengguna mungkin juga harus membuka WhatsApp atau aplikasi lain di mana jadwal tersebut berada.

Nah, supaya tidak bolak-balik, pengguna bisa membuka Samsung Calendar dalam mode pop-over. Selanjutnya, pengguna tinggal ketuk dan tahan di luar jendela pop-over.

Dengan begitu, aplikasi Samsung Calendar bakal berubah menjadi transparan, sehingga pengguna bisa mengintip aplikasi di belakangnya seperti WhatsApp dan lainnya.

Dengan begitu, pengguna tak perlu repot bolak-balik berpindah aplikasi ketika ingin menambahkan jadwal kegiatan baru di kalendar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”