Tahun ini Wuling Air EV Punya Kembaran Dengan Tampang Offroader Sejati

ulinulin.com – JAKARTA – Anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling (SGMW) Baojun, baru saja merilis sebuah teaser yang menujukkan kendaraan listrik bergaya SUV dengan dimensi yang kompak. Melihat konsep yang ditawarkan sepertinya SUV listriknya didesain cukup serius dan bisa dibawa ke segala medan termasuk melibas jalan bebatuan. Meski demikian teaser yang sudah tersebar di dunia maya ini belum diberi nama namun memiliki wujud yang cukup familiar.

Seperti pada umumnya kendaraan produksi Cina selalu terlihat familiar dengan desain yang terdapat pada kendaraan populer lainnya. Begitu pula EV misterius milik Baojun ini, pada fascia depannya terlihat panel grille bergaya Honda dengan empat lampu LED yang tersembunyi di setiap sisinya. Namun secara umum, wujudnya malah mengingatkan kita pada Ford Bronco namun dengan dimensi yang lebih mungil. Karakteristik lain yang cukup menarik pada bagian eskteriornya terdapat di overhang yang pendek, penggunaan bumper off-road yang tidak dikelir, serta dimensi kap yang pendek.

Nuansa offoradernya juga makin tegas berkat lingkar roda yang dibuat boxy serta penggunaan roof rack yang terintegrasi dengan bodi. Namun demikian SUV mini buatan Baojun ini tetap terlihat modern dengan warna two tone yang menyapu seluruh bagian eskteriornya. Belum lagi desain lampu belakang dengan teknologi LED serta proporsi bagian buritan yang tidak kalah seksi.

Pabrikan merilis video teaser SUV ini bersamaan dengan peluncuran Baojun KiWi 2023 yang merupakan generasi terbaru dari E300. Melihat dimensi yang cukup ringkas, sejumlah pihak memprediksi SUV tersebut akan menggunakan platform yang sama dengan KiWi dan Wuling Hongguang Mini EV. Meskipun hal tersebut belum dibenarkan oleh pihak Baojun maupun SGMW.

Sejumlah media lokal menyebut bahwa SUV EV Baojun ini akan menggunakan dua motor listrik agar dapat memfasilitasi sistem penggerak all-wheel drive untuk kebutuhan off road. Kabarnya tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 108 hp yang lebih besar dua kali lipat dari kembarannya Baojun KiWi. Di atas kertas, SUV ini juga akan mendapatkan suplai tenaga dari baterai berkapasitas 31,9 kWh yang mampu menjelajah hingga 300 km dengan sekali pengisian penuh.

Selain itu, kabar mengenai SUV kembaran Wuling Mini EV ini akan segera dirilis pada Guangzhou Auto Show 2022 yang berlangsung November tahun ini. Sementara melihat kemungkinan lain, pabrikan segera memulai produksi dan menjualnya pada kuartal pertama 2023 khusus dimulai secara khusus untuk pasar Cina. Teaser yang dirilis oleh Baojun ini memang menampilkan sebuah kendaraan konsep yang hampir matang dan siap diproduksi dalam waktu dekat.(ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”