Tak Hanya Dipakai SUV, Berikut Tips Memilih Towing Bar

ulinulin.com

Sebelumnya identik dengan mobil SUV, kini penggunaan towing bar mulai meluas ke mobil non-SUV. Sebut saja MPV mainstream seperti Avanza, Innova, ataupun Xpander sudah banyak yang memakai towing bar pada buritan mobilnya.

Bukan tanpa alasan, towing bar dapat melindungi bumper belakang dari benturan. Hal ini sangat berguna khususnya kota-kota besar, yang sebagian besar jalanannya dihiasi kemacetan. Khususnya saat rush hour seperti jam masuk ataupun pulang kerja. Ingin memasang perangkat serupa pada mobil Anda? Simak tips memilih towing bar di bawah ini.

1. Ketahui bobot maksimal yang boleh ditarik mobil

Beban maksimalyang bisa didetek mobil adalah 85% dari bobot mobil

Mungkin Anda akan jarang memaksimalkan fungsi utama towing bar, yakni sebagai tumpuan saat menarik/menderek mobil lain. Namun, pada saat-saat darurat tentu akan digunakan. Menurut beberapa sumber, usahakan beban yang akan ditarik/derek tidak lebih dari 85% berat kendaraan Anda. Sebagai contoh, Toyota Avanza memiliki bobot 1.085 kg, maka beban maksimal yang bisa ditarik adalah sekitar 900 kg.

Maka, langkah awal dalam memilih towing bar adalah memastikan kemampuan tarik atau derek mobil Anda, dan memastikan batas minimal yang mampu diderek mobil Anda merupakan berat aman.

2. Perhatikan model towing bar

Pemilihan owing bar pilihan dengan kebutuhan Anda

Hal kedua yang harus diperhatikan adaalah perhatikan model towing bar, lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah sebagai pelindung bumper belakang atau murni sebagai towing bar.

Ada yang hanya menyediakan bagian hooknya saja, ada yang tidak penuh menutupi bumper, ada juga yang modelnya penuh menutupi bumper. Baiknya, sebelum memilih towing bar pastikan dulu model yang akan Anda beli.

3. Perhatikan kualitas towing bar

Lebih penting dari sekadar murah, towing bar yang dibeli harus berkualitas tinggi

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas towing bar, Anda tentu akan menemui banyak sekali produsen towing bar, beberapa di antaranya memang punya kualitas desain, kontruksi, serta material yang bagus.

Perhatikan tebal plat yang digunakan, kerapihan sambungan plat dan lubang-lubang pengikat yang disediakan, kerapihan bentuk las yang ada, serta finishing towing bar tersebut. Jangan tergiur dengan harga murah, lebih baik mengeluarkan uang lebih mahal guna mendapatkan towing bar yang berkualitas serta tahan lama.

4. Sesuaikan budget

Namun demikian, Anda juga perlu menyesuaikan towing bar yang akan Anda beli dengan budget. Hal ini penting untuk menghindari kekecewaan jika mendapat barang berkualitas rendah. Sebagai catatan, harga towing bar saat ini berkisar antara Rp 400 ribuan sampai lebih dari Rp 1 juta-an.

Dengan memperhatikan empat hal di atas saat memilih towing bar, Anda akan mendapat towing bar yang sesuai dengan keinginan Anda. Baik itu secara fungsi ataupun kualitas, untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”