Tak Hanya Saat Jalan, Child Safety Lock Pintu Mobil Juga Mencegah Bahaya Saat Berhenti

ulinulin.com

Hampir semua mobil keluaran terbaru dilengkapi fitur Child Safety Lock, yaitu kunci pengaman pintu belakang agar pintu tidak bisa dibuka dari dalam. Sesuai namanya, fitur Child Safety Lock ditujukan mencegah bahaya buat anak-anak. Saat mereka yang secara tidak sengaja menarik handel pintu entah karena penasaran atau karena main-main, pintu tidak akan terbuka. Dengan begitu anak tetap aman di dalam mobil.

Letak Child Safety Lock dan cara mengaktifkan

Fitur Child Safety Lock mencegah bahaya luar dalam

Fitur Child Safety Lock umumnya berada di sisi dalam pintu baris kedua kanan dan kiri. Bentuknya tuas kecil dengan tanda simbol Child Lock disertai tanda panah. Tinggal geser tuas sesuai tanda panah, maka fitur ini aktif seketika. Saat pintu kemudian ditutup, pintu tidak akan terbuka dari dalam meski handel pembuka diungkit-ungkit anak buat mainan.

Untuk menonaktifkan juga mudah. Buka dulu pintu dari luar lalu geser tuas ke arah sebaliknya. Handel pintu bagian dalam pun kembali berfungsi seperti semula alias tidak terkunci.

Mencegah bahaya saat berjalan maupun berhenti

Fungsi utama Child Safety Lock adalah seperti tersebut di atas, mencegah pintu dibuka anak-anak dari dalam agar anak tetap aman tidak terjatuh. Sebenarnya bukan itu saja, fitur ini juga mencegah bahaya saat mobil tengah berhenti.

Anak-anak yang agresif inginnya segera membuka pintu sendiri saat mobil telah berhenti dan segera keluar. Mereka merasa senang dan bangga sudah bisa buka pintu sendiri tanpa dibantu ayah atau ibunya. Namun mereka belum tahu kalau membuka pintu khususnya pintu kanan tidak boleh asal. Harus dipastikan kondisi sekitar aman, tidak ada kendaraan lain yang melintas. Jika tidak, bisa saja pintu terbuka dan mengenai kendaraan lain yang berujung kecelakaan.

Hati-hati membuka pintu mobil

Untuk pintu sebelah kiri anak-anak tidak tahu kalau mobil berhenti mepet trotoar atau pagar. Anak bisa saja mendorong pintu terbuka lebar-lebar membuat pintu terbentur dan akhirnya lecet/penyok.

Dengan mengaktifkan fitur Child Safety Lock kanan dan kiri, akan lebih aman karena pintu hanya bisa dibuka dari dalam kiri sehingga tidak membayakan pengendara lain dan juga aman bagi kendaraan.

Kesimpulan; kalau hanya ada anak-anak di kursi baris belakang tanpa ada penumpang dewasa yang menemani sebaiknya aktifkan fitur Child Safety Lock kanan dan kiri. Tapi jika ada penumpang dewasa sebaiknya turut mengawasi tingkah anak-anak khususnya anak yang terlalu usil dan agresif.

Anak-anak selalu ingin tahu banyak hal

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”