"/> Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering

Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/24/Ay6TmsFs/pfjones-4f1c.jpg”>

Banyak orang berfikir bahwa ketika mobil berada di bawah hujan, air hujan akan mencuci kotoran dan garam dari mobil. Tidak benar! Sebenarnya, air hujan malah menyebabkan kerusakan pada mobil. Karena itu, mencuci mobil setelah hujan mesti dilakukan untuk mempertahankan cat mobil berada dalam kondisi maksimal.

Pastikan untuk membersihkan mobil setelah hujan-hujanan (Foto: The Allstate Blog)

Saat hujan turun, air hujan mengumpulkan polutan dan kontaminan dari udara, dan disebut dengan hujan asam. Efek hujan keting pada cat mobil bisa menimbulkan bintik-bintik yang disebut dengan water spot. Bintik ini juga bisa terjadi pada cat ketika bodi mobil tidak dikeringkan dengan benar setelah dicuci.

Bahkan ketika hujan hanya turun sebentar saja, air hujan dan polutan berkumpul di kendaraan Anda. Air hujan akhirnya menguap dan meninggalkan lapisan polutan tipis yang dapat merusak cat mobil. Semakin lama Anda meninggalkan polutan dan kontaminasi pada car mobil, semakin banyak kerusakan yang ditimbulkan. Salju dan hujan es juga dapat menghasilkan efek merusak.

Air yang tertinggal pada mobil bisa bersifat merusak (Foto: Clean Car Wash)

Jika tidak dicuci, pastikan untuk dilap

Jika Anda tidak sempat untuk mencuci mobil, pastikan untuk membasuh mobil dengan air bersih, melap bagian luar mobil dan mengeringkannya. Sebagaimana dijelaskan oleh Christopher Sebastian, CEO dari Makko Group ketika diwawancarai oleh Kompas beberapa waktu lalu, “Kalau tidak seperti itu, potensi timbul jamur di kaca hingga ke bodi semakin besar.”

Untuk lebih bersih, gunakan lap yang berbeda ketika membersihkan dan mengeringkan bagian interior dengan eksterior. Christopher menyarankan bahwa lap untuk bagian luar memakai lap khusus untuk menghindari munculnya goresan-goresan kecil pada bagian kaca atau bodi.

Lap mobil hingga kering setelah dicuci (Foto: pfjones)

“Jadi kalau bisa, lap untuk bagian setengah bodi ke bawah sama ke atas itu dipisah. Kaca juga beda lagi, begitu juga dengan interior. Kalau disatukan semua, akan banyak masalah, sebaiknya dipisah saja,” ungkap Christopher menjelaskan.

Dengan musim hujan yang mulai datang di beberapa penjuru Tanah Air, pastikan untuk mencuci mobil setelah hujan. Atau jika tidak sempat, cukup membasuh dengan air bersih dan mengeringkannya. Kemalasan akan membuat cat lebih cepat kusam dan akhirnya menambah pengeluaran untuk memperbaikinya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”