Tampilan Sporty, Simak Tips Beli Honda Mobilio Bekas

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/12/27/6kDubyiR/tips-honda-mobilio-bekas1-1-527e.jpeg”>

Harus diakui, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sampai saat ini masih menjadi primadona. Tetapi banyak produsen mencoba peruntungan di segmen ini dengan kehadiran Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Kehadiran Honda Mobilio merubah stereotipe sebelumnya dimana Honda dikenal sebagai pabrikan yang mempunyai lini produk mahal. Kini merek Honda mempunyai citra yang setara dengan abrikan Jepang di Indonesia pada umumnya.

Secara tampilan, Honda Mobilio menarik dengan lekukan dan garis tegas di samping yang membuatnya terlihat sporty. Diklaim lekukan samping itu untuk meningkatkan aerodinamis mobil sehingga mampu berakselerasi dengan cepat. Bentuk lampu yang lonjong mirip dengan MPV pada umumnya tetapi mempunyai desai kap mesin yang lebih landai. Bumper depan juga terlihat sporty dengan lekukan pada area lampu kabut.

Kap mesin yang landai dengan lekukan di sekitar bodi membuatnya terlihat sporty

Bagian belakang tidak kalah menarik dengan lampu yang lebar meskipun pada bagian bagasi hanya sebuah reflektor. Walaupun Honda Mobilio adalah pengembangan dari Brio, tetapi ini justru menjadi sebuah keunggulan. Posisi duduk pengemudi menjadi lebih nyaman dan tergolong rendah di kelasnya. Sehingga ketika mengemudi Honda Mobilio seperti mengemudikan sebuah mobil hatchback. Sedangkan untuk interiornya mirip sekali dengan Honda Brio. Adapun yang membedakannya hanya tambahan baris ketiga yang tergolong lapang. Selebihnya, baik desain maupun warna mirip dengan saudara kembarnya, Honda Brio. Lantas bagaimana dengan performanya?

Bila Anda tertarik membeli Honda Mobilio bekas, MPV ini dibekali mesin yang sama dengan Honda Freed. Berkapasitas 1.497 cc 4-silinder mampu menghempaskan tenaga 118 dk dengan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut sudah cukup untuk membawa keluarga Anda berpergian. Ada dua pilihan transmisi pada Honda Mobilio bekas yakni CVT dan manual 5-percepatan. Walaupun rata-rata usia Honda Mobilio masih tergolong muda, namun ada beberapa hal yang harus Anda periksa dan perhatikan saat membeli Honda Mobilio bekas. Apa saja yang harus diperiksa dari sisi teknis? Lantas apa juga yang diperhatikan untuk sisi non-teknis?

Pada bagian belakang terlihat modern dengan desain lampu yang melebar berbeda dengan MPV sekelasnya

Teknis

Dari sisi teknis, bagian pertama yang wajib Anda periksa ketika membeli Honda Mobilio bekas adalah mesin. Walaupun rata-rata usia Honda Mobilio masih muda, ada baiknya Anda memastikan kondisi mesin tetap prima. Paling udah untuk memastikannya adalah pemilik sebelumnya rutin melakukan servis berkala. Selain itu jangan lupa juga untuk melakukan test drive apakah tenaganya masih responsif, akselerasinya masih mulus dan tidak keluar asap dari knalpot.

Honda Mobilio mempunyai bantingan suspensi yang cukup nyaman. Periksa bagian kaki-kaki karena komponen ini cukup mahal harga spare partsnya. Bila Anda ingin memastikan kondisinya bisa ke bengkel resmi atau spesialis kaki-kaki. Pastikan kondisi komponen di kaki-kaki seperti shockbreaker, ball joint dan komponen lainnya masih dalam kondisi baik. Anda juga bisa mengecek kondisi kaki-kaki melalui test drive di jalanan rusak atau bergelombang.

Desain kabinnya mirip dengan Honda Brio namun banyak yang mengeluhkan dengan road noise pada kaki-kaki

Non-teknis

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pemilik Honda Mobilio adalah kesenyapan kabin. Suara berisik dari roda-roda cukup menganggu saat berjalan kencang. Bila beruntung, pemilik sebelumnya seharusnya sudah menambahkan peredam sehingga Honda Mobilio bekas yang Anda incar sudah mempunyai kesenyapan yang lebih baik. Namun bila masih berisik, siapkan dana tambahan untuk membeli peredam demi kenyamanan berkendara.

Bodi Honda Mobilio khususnya bagian belakang cukup ringkih. Beberapa pemilik mengeluhkan bodi pada bagian pintu bagasi ini mudah penyok. Periksa dengan teliti apakah masih ada bekas penyokan yang menandakan bahwa mobil itu pernah ditabrak dari belakang. Meski tidak terlalu pengaruh pada performa namun penampilan Honda Mobilio bekas ini menjadi berkurang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”