Teknologi Sensor LiDAR Terjauh dari Volvo: Bisa Tangkap Gerakan Sejauh 250 Meter

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/12/04/Ay6TmsFs/49f8fd5f-volvo-lidar-2-fa95.jpg”>

Dikembangkan bersamaan dengan Luminas, sensor LiDAR milik Volvo ini dirancang untuk digunakan dalam kendaraan otonom. Sensor berteknologi tinggi ini dapat mendeteksi objek sejauh 250 meter, lebih dari dua kali panjang lapangan sepak bola. Dalam perkembangannya, Volvo mencatat kisaran yang lebih jauh daripada teknologi LiDAR yang digunakan oleh pabrikan saat ini.

Teknologi LiDAR Volvo yang bisa menangkap hingga 250 meter

Seperti yang dijelaskan oleh CEO Luminar Austin Russel, jangkauan ini hampir sepuluh kali lebih panjang dibandingkan beberapa sensor LiDAR yang ada. Hal ini menunjukan bagaimana sensor ini bisa digunakan pada kendaraan penggerak otonom yang melaju pada kecepatan jalan bebas hambatan.

Sistem ini tidak hanya mampu melihat lebih jauh daripada saingan, tetapi fitur yang dikembangkan Volvo jauh lebih perspektif dan terperinci. Seperti dilaporkan Volvo, sistem ini mampu mendeteksi semua pose manusia, termasuk anggota badan individu seperti lengan dan kaki, pada tingkat detail yang tidak pernah ditemukan pada sensor ini sebelumnya.

Teknologi ini bisa menangkap gerakan individu

Tingkat detail yang mengesankan ini sepertinya digunakan untuk meningkatkan keamanan kendaraan Volvo. Perusahaan yang bermarkas di Gothenburg ini tidak membahas secara spesifik, tetapi pengembangannya mengindikasikan kendaraan swakemudi bisa mendeteksi lengan yang terjulur ketika seseorang mencoba memanggil taksi.

Dalam sebuah pernyataan, Wakil Presiden Senior Volvo untuk Penelitian dan Pengembangan, Henrik Green mengatakan, “Teknologi otonom akan membawa mengemudi dengan aman ke tingkat yang baru, di luar keterbatasan manusia. Janji ini untuk meningkatkan keselamatan adalah alasan mengapa Volvo Cars ingin menjadi pemimpin dalam penggerak otonom.”

Teknologi swakemudi Luminar dan Volvo

Lebih lanjut, dalam pengembangannya Green menegaskan teknologi sensor LiDAR ini akan digunakan pada kendaraan terbaru Volvo. “Luminar berbagi ambisi kami dalam membuat manfaat itu menjadi kenyataan dan teknologi persepsi baru ini merupakan langkah penting berikutnya dalam proses itu.”

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”