Tengok Menu Makanan Bayi di 5 Negara, Pastinya Kaya Nutrisi

ulinulin.com

    7SHARES

Menu Makanan Bayi, Juk, Di Korea Selatan/ Foto: Shutterstock

Dream – Makanan dengan tekstur halus kaya nutrisi pastinya jadi menu andalan para ibu untuk bayi kesayangan. Di Indonesia, menu yang biasanya diberikan berupa bubur dengan berbagai protein dan sayuran.

Bisa berupa bubur dengan wortel, jagung, ikan, ayam, daging atau telur. Bisa juga diberikan biskuit yang disiram dengan susu dan dihaluskan. Bagaimana dengan menu makanan bayi di negara lain?

Dokter Citra Amelinda, spesialis anak, lewat akun Instagramnya @citra_amelinda, membagikan menu makanan pendamping ASI (MPASI) di berbagai negara.

Jepang

© Shutterstock

Berupa bubur nasi dengan campuran ikan kering yang telah dihaluskan, sayuran dan puree labu. Nasi yang diolah menjadi menjadi bubur lalu dicampur dengan sup miso juga kerap jadi menu untuk bayi.

Prancis

© Shutterstock

French society pediatrics (Komunitas Dokter Anak Prancis) sangat merekomendasikan sayur untuk menu bayi. Menu bayi haru diperbanyak sayur, makan 4 kali dalam sehari(3 kali makan besar dan 1 kali snack) agar anak kenal lapar. Anak juga sebaiknya makan seperti makanan yang disantap orang dewasa, dan kenalkan dengan berbagai tekstur makanan sebelum usia anak 2 tahun.

Korea Selatan

© Shutterstock

Menu makanan bayi asal Korea Selatan juga tak kalah nikmat. Disebut juk atau bubur nasi dengan campuran sayur dan daging. Kimchi atau sayuran fermentasi versi lembut juga diberikan sejak awal MPASI.

Amerika

© Dream

Untuk di Amerika Serikat, menu makanan bayi biasanya dibedakan dengan makanan. Hal ini untuk menghindari kandungan garam dan pengawet yang berlebihan. Makanan pertama yang dianjurkan adalah baby cereal dan tidak terlalu menganjurkan masak sendiri di rumah terutama sayur karena takur terlalu banyak nitrat.

Arab

© Shutterstock

Negara Timur Tengah, biasanya diberikan bubur hummus, merupakan campuran kacang polong dengan tahini, perasa lemon, dan bawang putih. Ada juga baba ganoush, yaitu terong yang dimasak hingga halus, dicampur bawang, tomat, dan minyak zaitun.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”