Tepat Memilih Jenis Bahan Bakar yang Sesuai Mesin Mobil

ulinulin.com

Beberapa pemilik mobil kadang masih bingung untuk menentukan, apakah kendaraannya wajib menggunakan Pertalite, Pertamax, Shell Super, Pertamax Turbo, Shell V-Power, atau cukup dengan Premium.

Sebenarnya, jawaban ini bisa Anda temukan melalui buku pedoman pemilik kendaraan yang biasanya disertakan saat pembelian mobil baru. Dalam memilih jenis bahan bakar yang tepat bagi mesin mobil Anda, Anda tinggal melihat besarnya rasio kompresi pada tabel spesifikasi mesin kendaraan Anda di buku manual.

Kompresi ini bisa dirumuskan demi menentukan besarnya nilai oktan atau reseach octan number (RON) untuk bahan bakar yang dibutuhkan mesin. Oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar dalam proses pembakaran di mesin.

Makin tinggi oktan maka bensin tidak mudah terbakar sebelum waktunya. Sebaliknya, jika bensin beroktan rendah dipakai pada mesin berkompresi tinggi, maka akan membuat bensin terbakar lebih dulu sebelum dipantik busi pada proses pembakaran di ruang mesin. Akibatnya mesin butuh lebih banyak bahan bakar dan menyebabkan penggunaan bahan bakar jadi boros.

1. RON 88

Jenis bahan bakar dengan RON paling rendah saat ini

Untuk mesin mobil yang bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan 88 adalah mesin yang memiliki rasio kompresi 7:1 hingga 9:1. Rasanya hampir tidak ada mesin mobil modern yang memiliki kompresi sebesar ini, karena rata-rata sudah 9.0:1 ke atas. Jenis bahan bakar ini hanya disediakan oleh Pertamina melalui Premium.

2. RON 90

Saat ini Pertalite sudah menggantikan Premium

RON sebesar ini baiknya digunakan untuk mesin dengan kompresi 9.0:1 hingga 10.0:1. Sangat banyak mobil yang memiliki kompresi seperti ini. Yang termasuk bahan bakar dengan RON 90 yakni Pertalite dari Pertamina, Performance 90 dari Total, atau Revvo 90 dari Vivo.

3. RON 92

Pertamax, Shell Super, dan Total Performance 92 adalah jenis bahan bakar ini

Untuk mobil-mobil dengan kompresi mesin 10.0:1 hingga 11.0:1 maka sebaiknya memilih jenis bahan bakar dengan oktan 92. Varian bahan bakar seperti ini ada Pertamax dari Pertamina, Super (Shell), atau Performance 92 (Total).

4. RON 95

Shell V-Power adalah bahan bakar oktan 95 yang cukup populer

Ini adalah bahan bakar yang cukup banyak dipilih oleh mobil-mobil modern berteknologi tinggi dengan rasio kompresi 11:1 hingga 12:1. Di Indonesia, ketersediaan jenis bahan bakar ini ada V-Power (Shell), Performance 95 (Total) dan Pertamax Plus (Pertamina). Namun Pertamax Plus kini sudah digantikan dengan Pertamax Turbo yang punya oktan lebih tinggi.

5. RON 98

Pertamax Turbo cocok untuk pengguna supercar

Pemilik mobil supercar atau sportcar dengan teknologi turbo wajib memilih jenis bahan bakar seperti ini. Dengan rasio kompresi 12:1 ke atas, maka mobil-mobil tersebut bisa menggunakan bahan bakar tipe Pertamax Turbo (Pertamina). Karena di Indonesia baru Pertamina yang menyediakan bahan bakar jenis ini.

6. Diesel

Pengguna diesel modern saat ini tersedia jenis bahan bakar yang sesuai

Bagi Anda yang menggunakan mobil-mobil diesel berteknologi modern, saat ini sudah tersedia beragam pilihan bahan bakar diesel. Seperti Dexlite dan Pertamax Dex dari Pertamina, Diesel dan Diesel Extra dari Shell, atau Performance Diesel dari Total.

Memilih jenis bahan bakar yang tepat tentunya akan menjaga usia pakai mesin kendaraan Anda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”