Terjepit di Parkir Paralel, Begini Cara Keluarnya

ulinulin.com

Dibutuhkan skill terampil untuk bisa parkir paralel dengan mulus dan rapi. Dan hal itu membutuhkan latihan yang berulang-ulang sehingga benar-benar mahir. Nah, ternyata tak hanya teknik parkirnya saja, saat keluar dari parkir paralel pun membutuhkan teknik tersendiri.

Terlebih jika posisi mobil terjepit di tengah dan hanya menyisakan sedikit spasi, kelihaian mutlak dibutuhkan. Jika tidak, bersiaplah untuk terlambat masuk kerja atau terlambat pulang karena menunggu mobil di depan/ belakang pergi. Atau jika tidak, bersiaplah membayar ganti rugi karena menabrak mobil di depan atau di belakang.

1. Cara Keluar

Dengan parkir paralel, tatanan kendaraan tampak rapi dan tertib

Asalkan masih ada spasi meski begitu sempit, misalnya hanya satu jengkal (sekitar 20 cm) di depan dan satu jengkal di belakang, Anda tetap bisa meloloskan diri dari jepitan. Hanya saja butuh sedikit upaya sebab tidak gampang dalam melakukannya. Akan lebih mudah jika ada orang lain yang mengawasi dan memberikan arahan.

Teorinya sebagai berikut:Anggaplah posisi mobil parkir di sebelah kanan dengan spasi yang tersisa cuma 20 cm di depan dan 20 cm di belakang.

Lebih jelasnya Anda bisa lihat tutorialnya pada video yang diliris akun Youtube @jemi-nj berikut:

Bagaimana, mudah kan?

Secara teori memang mudah, tapi praktiknya tidak demikian. Yang susah bukan soal maju mundurnya, tapi memperkirakan jarak saat maju mundur itu dilakukan. Karenanya, keberadaan orang lain yang memberi arahan akan sangat membantu. Bisa itu si tukang parkir, teman seperjalanan, atau bahkan orang lain.

2. Gampang-Gampang Susah

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, teori seperti dalam video tidak bisa dilakukan sembarang orang. “Kalau melihat dari videonya itu sebenarnya bagus, tapi tidak semudah itu juga. Artinya, hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua pengendara, terutama yang pemula atau wanita. Lalu ada beberapa hal lain yang harus juga diperhatikan,” tutur Sony seperti dikutip dari Kompas, (4/2/2020).

Perlu banyak berlatih untuk bisa parkir paralel maupun keluarnya

“Penting diingat, setiap mobil punya jarak putar kemudi atau radius putar yang beda-beda, jadi mungkin tidak semua mobil akan semudah itu, ada yang sampai harus berkali-kali melakukan koreksi maju mundur, contoh kalau mobil hanya punya dua putaran, artinya harus effort lebih,” jelasnya.

Makanya, sebelum benar-benar terjepit di parkir paralel Anda perlu banyak berlatih, baik untuk caranya parkir paralel maupun caranya keluarnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”