Terlihat Lebih Keren, Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper?

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/14/ZXn5Pos1/kelebihan-dan-kekurangan-mobil-ceper-3-8394.jpg”>

Mobil dengan ground clearance yang rendah atau bisa disebut mobil ceper, bagi sebagian orang terlihat lebih menarik. Biasanya mobil-mobil seperti ini masuk kategori mobil sport yang memang sengaja di desain lebih ceper dari mobil harian.

Mobil sport membutuhkan aerodinamika terbaik maka bodi pun dibuat lebih melekat dengan aspal. Mobil dengan jarak bodi ke aspal yang cukup rendah juga turut memperbaiki faktor hambatan angin ketika mobil dipacu di jalan.

Karenanya tak jarang pemilik mobil melakukan modifikasi agar mobil mereka terlihat lebih ceper. Namun tentu saja, ada kelebihan dan kekurangan mobil ceper yang perlu ditanggung setiap pemilik mobil.

Alih-alih terlihat keren dan menunjang pengemudian, mobil yang ceper malah jadi menyusahkan saat dipakai sehari-hari. Karena itulah, sebelum memodifikasi mobil jadi lebih ceper, perhatikan kelebihan dan kekurangan mobil ceper berikut ini:

Kelebihan Mobil ceper

Keren dan lebih stabil, keunggulan mobil ceper

1. Lebih Aerodinamis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika ground clearance cukup berpengaruh untuk menciptakan aerodinamika mobil yang lebih baik. Hal ini karena aliran angin dari bagian kolong saat mobil dipacu di jalan jadi lebih rendah sehingga mobil bisa mencengkram aspal lebih baik. Bahkan selain dibuat lebih rendah, beberapa produsen mobil sport juga mendesain pengurai aliran udara (diffuser) untuk mengatur aliran udara di bawah mobil.

2. Lebih Stabil

Semakin rapat mobil dengan tanah maka semakin rendah pula pusat gravitasi dari mobil tersebut. Hal ini akan membuat mobil menjadi lebih stabil. Mobil dengan pusat gravitasi yang tinggi akan kurang stabil pada kecepatan tinggi ataupun ketika berbelok di tikungan.

3. Mengurangi Hambatan Udara

Mobil dengan postur lebih rendah akan membuat hambatan udara juga menjadi lebih baik dibanding mobil dengan postur tinggi. Istilah ini biasanya dikenal dengan sebutan coefficient of drag (Cd/koefisien drag). Semakin kecil angka Cd suatu kendaraan, maka semakin maksimal gerak mobil dan tentunya meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.

4. Tidak Mudah Terguling

Saat terjadi tabrakan, resiko mobil ceper terguling lebih kecil dibanding mobil dengan ground clearance yang tinggi.

5. Lebih Keren

Keunggulan yang terakhir dari mobil ceper tentunya memiliki visual yang lebih enak dipandang. Mobil terlihat lebih proper dengan jarak fender dan dinding roda serta permukaan aspal dan bodi mobil yang tidak terpaut jauh.

Namun selain kelebihan, mobil ceper juga punya kekurangan. Berikut penjelasannya:

Kekurangan Mobil Ceper

Mengemudikan mobil ceper sehari-hari akan tidak nyaman

1. Tidak Nyaman

Mobil dengan jarak bodi ke aspal yang rendah biasanya tidak nyaman untuk dipakai sehari-hari. Contohnya mobil sport, tentu tidak senyaman menggunakan mobil sedan jika dipakai untuk aktifitas harian. Mobil ceper lebih sensitif terhadap tekstur permukaan jalan sehingga guncangan akan lebih terasa.

2. Tidak Praktis

Saat menggunakan mobil ceper, tentu Anda akan berfikir keras bagaimana cara menghadapi permukaan jalan yang tidak mulus atau hambatan lain berupa polisi tidur. Apalagi dengan kondisi jalan di Indonesia, dua hambatan ini sering Anda temui di jalan.

3. Sulit Didongkrak

Ketikdakpraktisan lainnya dari mobil ceper adalah sulitnya menemukan posisi tumpu untuk memasang dongkrak. Jika hal ini terjadi ketika Anda mengalami pecah ban di jalan raya, bayangkan betapa repotnya hanya untuk sekedar mengganti ban yang pecah tadi dengan ban serep.

4. Mempercepat Usia Suspensi

Hal ini berlaku bagi Anda yang melakukan modifikasi mobil ceper. Jika modifikasi yang dilakukan tidak tepat maka hal itu akan mengurangi umur pemakaian sparepart kaki-kaki lainnya. Beban kerja pada shockbreaker pun akan meningkat yang pada akhirnya ini tentu mengurangi umur pemakaian komponen tersebut.

5. Bodi Mobil Mudah Rusak

Jika tidak hati-hati dalam menggunakan mobil ceper, dan Anda menemui jalan berlubang atau polisi tidur, maka kemungkinan bagian bawah bodi mobil menggasruk aspal akan lebih besar. Biasanya bagian yang sering jadi korban adalah bemper depan dan belakang serta bagian sideskirt. Knalpot pun juga rentan penyok atau rusak akibat mobil ceper.

Demikian kelebihan dan kekurangan mobil ceper. Sebelum melakukan modifikasi agar mobil terlihat lebih ceper, pahami dulu poin-poin diatas yang haru Anda tanggung ya…

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”