Ternyata Ini Urutan Penanganan Servis Di Bengkel Resmi

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/07/f8286LtF/img20190406102814-c5d2.jpg”>

Perawatan berkala atau servis untuk kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor adalah wajib sebab itu yang akan menentukan kendaraan dalam performa terbaiknya. Pemilik bisa melakukannya di bengkel mana saja dan kapan saja. Untuk hal ini, pabrikan sangat menyarankan pemilik kendaraan melakukan servis di bengkel resmi. Selain para mekanik yang sudah dibekali pengetahuan yang sangat mendalam, penanganan servis di bengkel resmi juga lebih terprosedur.

Sangat disarankan bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan rutin di bengkel resmi

Saiful Ardhi, Service Advisor diler Wuling Srondol, Semarang Jawa Tengah menuturkan servis di bengkel resmi memiliki banyak keuntungan dibanding servis di bengkel umum sebab penanganan servis di bengkel resmi selalu dilakukan sesuai prosedur. Penanganan juga dilakukan para mekanik secara berurutan untuk menghindari hal-hal negatif pada kendaraan.

“Beda mas dengan bengkel umum, servis di bengkel resmi dilakukan secara berurutan. Tak hanya di tempat kami tapi juga bengkel resmi lain sesuai merek” tutur Saiful kepada Cintamobil.com di Semarang, Sabtu (6/4/2019).

Lebih lanjut Saiful menjelaskan garis besar urutan penanganan servis di bengkel resmi seperti yang dilakukan di bengkel resmi Wuling Srondol.

Pertama; Interior. Sebelum ke bagian yang lain pertama yang akan dicek adalah bagian interior seperti panel, tombol-tombol fitur, setir, head unit dan yang lain. “Pertama kali bagian interiornya dulu. Ini wajib sebelum tangan jadi kotor,” katanya.

Kedua; Engine. Setelah interior selesai ditangani, lalu pada bagian mesin. Untuk menjaga bagian bodi di sekitar kap mesin tetap bersih dari cipratan berbagai cairan mekanik akan memasang ‘satir’ atau kain penutup di bagian kanan, kiri dan depan.

Penanganan servis di bengkel resmi manapun dilakukan sesuai urutan dan prosedur

Ketiga; Understeel atau bagian kaki-kaki serta semua bagian yang berada di bawah mobil. Di bengkel resmi penanganan servis pada bagian ini bisa lebih detail dan seksama dengan cara kendaraan diangkat menggunakan alat khusus, bukan mekaniknya yang tiduran masuk ke kolong seperti kebanyakan bengkel umum.

“Tiga hal itu sudah semacam prosedur di bengkel resmi. Kalau di bengkel umum belum tentu begitu, mereka kan mengejar pengerjaan tercepat,” jelas Saiful.

Ruang tunggu yang nyaman membuat pelanggan tidak cepat bosan menunggu proses servis

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”