Tertarik Beli Mobil Baru Sisa Stok Dealer? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

ulinulin.com

Tahun baru biasanya para dealer mobil mulai banjir promo. Penawaran yang diberikan adalah mobil baru namun dengan harga lebih terjangkau. Satu dari beberapa alasannya adalah menghabiskan sisa stok unit yang masih menumpuk di dealer tersebut.

Beberapa penawaran mobil baru sisa stok dealer kerap kali melihat dari VIN (Vehicle Identification Number) di mobil tersebut. Mobil mobil sisa stok ini adalah mobil yang memiliki VIN dengan kode tahun pembuatan dari tahun sebelumnya.

Namun sebelum membeli mobil baru dengan diskon besar yang ditawarkan pihak dealer, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal ini:

1. Survei Terlebih Dulu

Cek langsung kondisi unit mobil sisa stok yang ditawarkan dealer

Saat mendapatkan tawaran diskon besar dari dealer terhadap unit mobil sisa stok dealer mereka, jangan langsung tergiur. Sebaiknya pastikan lebih dulu kebenaran informasi tersebut. Caranya tentu dengan mendatangi dealer yang memberikan penawaran kepada Anda. Ini untuk menghindari adanya tenaga penjual yang curang dan berniat mengelabui calon konsumennya.

2. Cek Unit

Saat melakukan survei ke dealer yang memberikan diskon untuk sisa stok unit, periksa dengan teliti kondisi mobil tersebut. Meskipun itu mobil baru, namun Anda tetap harus waspada. Pastikan pada VIN tertera kode produksi dari tahun sebelumnya. Cek juga odometer, jangan sampai mobil telah dipakai dengan jarak cukup jauh yang menandakan mobil itu pernah dipakai karyawan dealer tersebut, mislanya demi kebutuhan unit test drive.

3. Cari Tahu Model Terbarunya

Jika ada model barunya, bandingkan antara perubahan yang terjadi dengan harganya

Selain ketika pergantian tahun, ada momentum lainnya mobil sisa stok dealer dijual dengan potongan harga cukup besar. Yakni biasanya pabrikan mobil sudah menyiapkan model terbarunya. Untuk itulah Anda perlu menggali informasi mengenai model baru yang akan dikeluarkan dari pabrikan mobil tersebut. Apa saja perubahan dan penambahan teknologi yang akan terjadi. Kalau ternyata perubahannya hanya minor, maka tentu mobil produksi tahun sebelumnya masih layak dimiliki.

4. Buat Perbandingan Harga

Saat sudah mendapatkan informasi terkait model baru dari unit yang sisa stok yang akan dibeli, sebaiknya lakukan perbandingan harga. Perbandingan ini untuk mengetahui perubahan yang dilakukan pabrikan itu dengan harga yang akan ditawarkan. Jika harga model barunya terlalu mahal dan tidak sebanding dengan perubahan yang terjadi, maka lebih baik menggunakan model lamanya saja.

5. Coba Buat Penawaran

Hitung besarnya diskon yang diberikan dealer untuk mobil sisa stok mereka

Ketika sudah yakin akan beli mobil baru sisa stok dealer, sebaiknya lakukan penawaran dengan pihak penjual yang menghubungi Anda. Siapa tahu ada diskon atau aksesori tambahan yang bisa Anda dapatkan. Jika beli secara kredit, perhatikan pula besaran uang muka dan cicilan bulanannya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”