TEST DRIVE: All New Honda Civic RS, Desain Tampilan Sesporty Performa (BAGIAN 1)

ulinulin.com – JAKARTA – Setelah hadir di Indonesia bulan Oktober lalu dengan ragam pembaruan, kami mendapat kesempatan untuk mencoba All New Honda Civic RS. Rutenya tidak jauh, mulai dari kawasan Senayan, Jakarta Selatan sampai ke BSD dan Alam Sutera. Total jarak tempuh kisaran 70 kilometer saja. Memang sebentar jika kami bandingkan dengan test drive yang kami biasa lakukan. Tapi paling tidak ini mampu menggambarkan potensi dan pengembangan yang dilakukan Honda pada sedan Honda Civic RS terbaru.

Desain

Meski sudah dibahas saat impresi perdana, kita singgung lagi beberapa ubahan menarik dari sisi luar sedan Civic RS. Jika membandingkan dengan desain yang diberikan sedan Civic sebelumnya, aura sport masih jadi yang utama. Namun dari segi bentuk, desain sport Civic RS ini dari dekat tidak seekstrem ubahan saat pertama kali melihat generasi sebelumnya terutama pada detail-detail di depan dan belakang kendaraan.

Civic RS generasi ke-11 ini menggunakan desain grille depan yang menyatu dengan lampu utama dan fog lamp LED. Bentuk DRL LED juga berubah yang membuat tampilan khas mobil anyar ini di jalan raya. Bagian belakangnya hadir dengan bentuk rear combi lamp anyar dengan penggunaan LED bar khas. Bagian ini yang berbeda di mata orang awam karena bentuk LED bar-nya dengan model sebelumnya.

Tampilan Civic RS terbaru juga lebih sporty berkat paket aerokit yang sudah terpasang dan hadir dalam bentuk spoiler aero trunk. Kemudian ada shark fin antenna, auto foldable mirror berawarna hitam, dual exhaust pipe, serta pelek 17 inci dengan warna hitam doff yang menambah kesan sporty Civic RS.

Bicara dimensi, sedan ini memiliki panjang 4.678 mm, lebar 1.802 mm dan tinggi 1.415 mm serta panjang wheelbasenya 2.735 mm. Untuk berkendara di dalam kota, sedan ini masih mumpuni untuk meliuk cepat di berbagai kondisi. Civic RS ditawarkan dengan empat pilihan warna yakni ignite red metallic, meteoroid gray metallic, crystal black pearl, dan platinum white pearl. Sebagai penilaian yang subyektif, warna hitam di sedan ini membuatnya semakin terlihat sporty dan pas dengan warna velg hitam doff yang dipasangkan di kaki-kaki.

Interior All New Honda Civic RS

Masuk ke bagian dalam, desain khas Honda terlihat di beberapa detail bagian lingkar kemudi serta konsol tengah. Namun desain dashboard, Honda memberikan ubahan total dengan garis yang lebih simpel membuat tampak modern. Khusus untuk ventilasi udara terlihat menarik dengan desain honeycomb yang menyatu di sepanjang dasboard. Untuk mengarahkan udara, Honda memberikan bentuk tuas yang unik mengingatkan pada controller drone yang penggunaannya mudah.

Catatan tersendiri, sebagai sebuah produk terbaru, sentuhan digital di sedan ini tidak mendominasi. Honda masih memberikan pendekatan tombol dan knob yang taktil untuk memudahkan penggunaan selama berkendara. Pendekatan ini tidak menghilangkan kesan sporty yang diusung pada bagian interior.

Kesan tersendiri hadir pada desain jok, baik di baris pertama maupun kedua. Honda memberikan sentuhan kulit dan suede pada jok serta desain semi bucket untuk kenyamanan saat ingin bermanuver. Sentuhan kulit juga hadir pada lingkar kemudi dan knob transmisi yang memberikan perasaan mewah saat berkendara. Pengaturan bangku di baris pertama dimudahkan dengan kehadiran tombol elektrik untuk rebah tegak serta maju mundur jok.

Soal kenyamanan di baris kedua All New Honda Civic RS, terdapat arm rest, lubang AC serta power outlet USB untuk pengisian daya gadget. Kesan menjadi penumpang di baris kedua terhitung nyaman dengan leg room yang luas, bagian punggung yang tidak terlalu tegak sehingga posisi duduk rileks bisa dilakukan untuk perjalanan jauh.

Namun soal detail entertainment di belakang terbilang cukup minim. Selain speaker untuk mendengarkan hiburan dari layar head unit di baris pertama, penumpang tidak mendapatkan tambahan hiburan apapun. Sisi ini mungkin menjadi tempat modifikasi favorit dalam hal hiburan untuk membuat baris kedua Civic RS lebih nyaman.

Perhatian utama pada interior hadir pada head unit layar sentuh 9 inci yang memiliki beragam kemampuan koneksi dengan telepon pintar. Head unit ini juga memiliki kemampuan untuk pengaturan beragam fungsi kendaraan. Selain itu layar TFT 10,2 inci hadir di meter cluster yang memberikan detail informasi seputar fitur Honda Sensing dan cara berkendara pengemudi. Beragam informasi pada layar meter cluster ini dapat diakses dengan mudah menggunakan tombol di lingkar kemudi sebelah kanan. (Bersambung…) – SETYO ADHI/EK

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”