Tetap Terlihat Apik Saat Musim Hujan, Pelajari Tips Membersihkan Velg

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/11/22/6kDubyiR/depositphotos-68252639-l-2015-256b.jpg”>

Bagian paling cepat kotor pada mobil adalah velg karena langsung bersentuhan dengan debu, lumpur, aspal dan kotoran lainnya yang dengan mudah menempel pada permukaan velg. Noda-noda pada velg itu pun bila tidak cepat dibersihkan bisa membekas dan membuat tampilan velg kusam karena sulit dihilangkan.

Untuk membersihkannya saat ini lebih mudah karena sudah banyak cairan pembersih khusus velg yang beredar. Cairan pembersih ini pun membuat prosesnya lebih mudah dengan hasil yang optimal. Tetapi jangan sembarang membeli produk pembersih karena kandungan kimianya harus diperhatikan.

Saat ini sudah banyak dijual cairan pembersih khusus velg agar tidak merusak penampilan

Sebagai contoh untuk velg berjenis alloy sebaiknya tidak dibersihkan dengan cairan yang mengandung zat korosif. Tujuannya agar lapisan pada velg tidak rusak sehingga penampilannya tetap apik meski usia mobil sudah tua. Perawatan rutin velg minimal dilakukan seminggu sekali dengan tujuan kotoran yang menempel selama Anda menggunakan mobil sehari-hari lebih mudah dibersihkan.

Langkah yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan velg tentu mempersiapkan bahan-bahan seperti sikat halus, cairan pembersih velg, cairan multiwash, kain lap chamois dan lap kering. Setelah semua peralatan dan bahan untuk mencuci sudah siap, semprotkan air di seluruh permukaan roda secara merata. Tidak hanya seluruh permukaan velg tapi juga ban.

Untuk menjangkau sela-sela velg, gunakan sikat berbulu lembut agar tidak menggores velg

Tahap awal setelah roda dibasahi adalah membersihkannya dengan cairan multiwash. Jangan terlewatkan untuk membersihkan sela-sela velg dengan sikat, lalu bilas dengan air bersih. Jangan langsung membersihkan permukaan yang terbuka dengan cairan pembersih khusus velg. Lakukan pembersihan dengan cairan pembersih khusus tersebut di tempat tersembunyi pada bagian velg, tujuannya agar melihat apakah ada perubahan warna atau tidak sehingga memastikan aman tidak bersifat korosif.

Setelah dipastikan tidak ada perubahan warna, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih khusus ini ke seluruh bagian velg dan jangkau sela-sela. Saat ingin membersihkan noda membandel, gunakan sikat berbulu lembut agar tidak merusak atau membaret velg. Setelah itu bilas dengan air bersih untuk membuang kotoran yang telah disikat tersebut.

Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan permukaan velg atau dinding ban

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”