"/> Tidak Usah Pakai Obat, Ini 6 Cara Menghilangkan Mabuk Kendaraan

Tidak Usah Pakai Obat, Ini 6 Cara Menghilangkan Mabuk Kendaraan

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/03/03/NaRYWXKq/0303-2-0d60.png”>

Bagi beberapa orang, berkendara dengan mobil masih ada yang mengalami mabuk kendaraan. Kepala terasa pusing dan perut pun menjadi mual. Pada akhirnya orang tersebut mengalami muntah-muntah selama perjalanan.

Mabuk di perjalanan sebenarnya bukanlah penyakit, tetapi untuk menghilangkan mabuk kendaraan, banyak yang meminum obat anti mabuk kendaraan. Padahal, kondisi mual selama perjalanan dengan mobil itu bisa diatasi dengan hal-hal yang mudah.

Tanpa perlu minum obat, berikut enam cara menghilangkan mabuk kendaraan dengan mudah:

1. Jangan Gunakan Gawai Terlalu Lama

Gunakan ponsel seperlunya saja

Gunakan gawai baik ponsel atau tablet seperlunya saja untuk melihat notifikasi atau membaca pesan. Banyaknya aplikasi sosial media maupun permainan memang membuat seseorang sulit untuk melepaskan gawai dari genggamannya. Padahal inilah yang bisa memicu mabuk kendaraan.

Ketika berkendara, keadaan biologis otak dan tubuh mengalami dilema. Tubuh akan berpindah tempat tanpa mengalami proses biologis. Jadi, otak akan mengalami stres dan menganggap bahwa tubuh berada dalam kondisi yang salah.

Ditambah lagi, bila bermain gadget, otak yang sedang dalam kondisi stres dipaksakan untuk fokus. Alhasil, otak akan merespon bahwa tubuh dalam kondisi keracunan sehingga berdampak pada pusing dan mual.

2. Hindari Kelaparan

Makan dan minum secukupnya saja

Cara menghilangkan mabuk kendaraan lainnya adalah dengan makan dan minum secukupnya. Kondisi perut yang kosong dapat memicu asam lambung. Ketika zat asam memenuhi lambung, ditambah dengan medan perjalanan yang berliku, kemungkinan besar Anda akan merasakan mabuk kendaraan. Tidak hanya untuk makanan, kondisi lambung yang penuh dengan air minum juga bisa menyebabkan mabuk di dalam kendaraan.

3. Pakai Aromaterapi

Gunakan minyak angin atau aromaterapi

Jika kepala sudah terasa pusing dan perut mulai mual selama di perjalanan, untuk menghilangkan mabuk kendaraan gunakan aromaterapi untuk menetralisir kondisi tersebut. Jika tak punya, bisa juga gunakan minyak angin.

Hirup aroma minyak angin atau aromaterapi untuk menetralisir kondisi tidak enak badan. Atau bisa pula oleskan minyak angin ke pusar agar perut terasa lebih hangat.

4. Mengobrol

Ajak pengemudi atau penumpang lain mengobrol

Mengobrol dengan pengemudi atau penumpang lain bisa mencegah seseorang mabuk selama perjalanan dengan mobil. Ketika mengobrol, perhatian akan berfokus kepada lawan bicara sehingga otak hanya akan merespon situasi pembicaraan ketimbang perjalanan. Pilihlah topik pembicaraan yang ringan atau bahkan humor, jangan pilih pembicaraan yang terlalu berat.

5. Menikmati Pemandangan

Melihat pemandangan sekitar bisa membuat tubuh rileks

Jika rekan penumpang lain tertidur, maka Anda bisa memfokuskan perhatian ke arah jendela untuk menikmati pemandangan selama perjalanan. Melihat alam yang hijau akan membuat tubuh jadi lebih rileks.

6. Tidur

Tubuh akan lebih segar saat tiba di tujuan

Jika tidak memungkinkan untuk mengobrol atau menikmati pemandangan, usahakan Anda tidur selama perjalanan. Ini berguna selain menghilangkan mabuk kendaraan, juga untuk mengembalikan kondisi tubuh ketika tiba di tempat tujuan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”