Tiga Tips Memilih Bengkel Berkualitas untuk Service Mobil

ulinulin.com – Dalam perawatan mobil, bengkel menjadi salah satu instrumen penting guna menjaga kondisi mobil tetap prima. Karena itu, memilih bengkel untuk perawatan rutin sebaiknya jangan dilakukan asal-asalan. Ada beberapa tips memilih bengkel berkualitas untuk mobil yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan sebelum mempercayakan sebuah bengkel melakukan perawatan atau service pada mobilnya.

Beberapa poin ini penting untuk diperhatikan guna menghindari potensi ‘dikerjai’ oleh oknum nakal yang tak bertanggung jawab. Misalnya, ada part yang masih bagus namun dikatakan sudah harus ganti. Atau menambah pekerjaan yang tidak perlu dan tetap dimasukkan dalam nota penagihan tanpa sepengetahuan konsumen. Yang paling parah, mengganti part asli mobil yang masih bagus dengan komponen palsu. Hal ini tentu sangat merugikan konsumen dan berpotensi membuat kinerja mobil menurun.

Lalu, apa saja poin yang harus diperhatikan? Berikut beberapa tips memilih bengkel mobil berkualitas yang bisa kamu coba.

Mekanik profesional dan bersertifikat

Poin ini sangat krusial karena mekanik menjadi pihak yang bersentuhan langsung dengan kendaraan konsumen. Sebagai pemilik mobil, kamu berhak memeriksa kualitas tenaga kerja mekanik di bengkel tersebut. Bengkel yang memiliki reputasi bagus, pada umumnya akan memajang informasi mengenai mekanik mereka. Memilih mekanik profesional sangat penting guna meminimalisir potensi kesalahan saat proses perawatan kendaraan.

Menerapkan SOP dan Quality Control

Poin ini berlaku bagi manajemen bengkel itu sendiri. Bengkel yang bagus biasanya memiliki standard operating procedure (SOP) yang harus dipatuhi pegawainya ketika menangani kendaraan konsumen. Kepatuhan terhadap SOP ini juga didukung dengan penerapan Quality Control guna memastikan kinerja mekanik maupun pegawai di bengkel sudah sesuai dengan ketentuan yang diterapkan.

Keaslian suku cadang

Selain mekanik dan sistem manajemen, poin berikutnya terkait tips memilih bengkel mobil berkualitas yang harus diperhatikan adalah kelengkapan dan keaslian suku cadang yang disediakan oleh bengkel. Pada bengkel resmi biasanya selalu menyediakan dan menawarkan part asli saat kendaraan konsumen membutuhkan penggantian suku cadang. Terlepas dari apakah perawatan tersebut dilakukan di bengkel resmi atau umum, pemilik mobil harus memastikan part yang dibelinya merupakan suku cadang asli dan bukan KW atau palsu. Harga suku cadang KW memang lebih murah, namun tentu ada potensi risikonya seperti kinerja mobil yang tidak maksimal.

Adapun pada dasarnya, ketika pemilik mobil melakukan perawatan rutin di bengkel maka ia harus mengeluarkan biaya untuk dua hal yakni biaya jasa dan biaya komponen. Pada pembelian mobil baru, konsumen biasanya masih tidak dibebankan biaya jasa setidaknya selama tiga tahun atau 50.000 km (mana yang mencapai lebih dulu). Namun jika kamu membeli mobil second, bonus gratis biaya jasa tersebut mungkin sudah hangus atau sudah terpakai oleh pemilik sebelumnya sehingga kamu harus menyiapkan uang ekstra.

Karena itu, mengingat biaya perawatan mobil cukup lumayan merogoh kocek, pastikan kamu memilih bengkel yang memenuhi tiga poin di atas. Saat ini, kamu bisa mengecek lokasi bengkel terdekat maupun bengkel resmi dari berbagai brand di platform moservice. Mencari bengkel pilihan di platform moservice akan lebih menghemat waktu karena sudah menampilkan alamat lengkap dari berbagai bengkel tersebut.

Tertarik mencari mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau? Momobil menyediakan beragam listing mobil pilihan dan Personal Assistant yang siap membantu Anda mendapatkan kendaraan idaman.

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: IST

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”