Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang Memberikan Pelatihan Deteksi Dini Kebangkrutan bagi Koperasi di Kabupaten Blitar

ulinulin.com – Koperasi merupakan suatu organisasi nirlaba yang cukup kompleks karena menjalankan beberapa unit usaha yang dikelola dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat. Dengan semakin pesatnya perkembangan koeprasi, sudah saatnya memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang ada sehingga proses pengelolaannya bisa transparan, akurat serta dapat dipertanggung jawabkan secara lebih baik kepada anggota.

Berdasarkan potensi dan tantangan dalam pengembangan koperasi di atas, tim pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Universitas Negeri Malang) yang diketuai oleh Achmad Murdiono, S.E. S.Pd. M.M memberikan pelatihan deteksi dini kebangkrutan kepada koperasi di kabupaten Blitar. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan tujuan penguatan pengurus koperasi dalam mememhami manajemen keuangan koperasi dan memberikan ketrampilan dalam menggunakan sistem laporan keuangan yang terintegrasi komputer sistem sebagai alat deteksi dini kebangkrutan, ujarnya.

Penggunaan aplikasi sistem manajemen koperasi adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah manajemen keuangan, karena didalam sistem yang sudah terkomputerisasi, segala hal yang berhubungan dengan proses transaksi koperasi akan dicatat dan disimpan dalam sebuah database yang dapat dilihat setiap saat oleh pengurus maupun pengawas koperasi. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan mengidentifkasi kebutuhan akan informasi yang nantinya dijadikan sebagai dasar dalam menyusun rencana kegiatan pelatihan dan pendampingan. Khalayak sasaran program Program Kemitraan Masyarakat ini adalah Pengurus Koperasi di Kabupaten Blitar.

KOMPASIANA ARENA

    Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

    Survei Berhadiah Tentang Employer Branding

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 102 Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia

Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

Survei Berhadiah Tentang Employer Branding

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 102 Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website peluangusaha.kontan.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”