TIPS BELI MOBIL BEKAS: Medium SUV Irit Dan Bertenaga, Simak Tips Lengkap Membeli Kia Sportage Bekas

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/12/17/6kDubyiR/kia-sportage1-727c.jpeg”>

Kehadiran Kia Sportage diesel di Indonesia memang telat bila dibandingkan versi bensin. Tetapi kemampuan mesinnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain irit, ia juga cekatan diajak berakselerasi. Mesin diesel berkapasitas 1.999 cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 177 dk dengan torsi 382 Nm. Torsi yang berlimpah dan tenaga yang besar membuatnya lebih asyik untuk diajak berakselerasi dibanding bensin.

Kia Sportage mempunyai tampilan modern namun tetap mempunyai kesan maskulin dan gagah

Mesin Kia Sportage diesel juga sangat impresif soal keiritan bahan bakar. Namun, ada sedikit risiko yang harus Anda bayar ketika memilih Kia Sportage diesel. Suara gemeretak khas mesin diesel masih terdengar sayup-sayup hingga ke dalam kabin. Tapi masih dalam batas toleran yang tidak sampai menganggu.

Soal kenyamanan, Kia Sportage diesel mempunyai bantingan suspensi yang sangat empuk. Terlebih profil ban yang dipakai cukup tebal sehingga tetap nyaman ketika melintasi jalanan rusak. Namun ada dampak negatif yakni gejala body roll yang terasa ketika bermanuver di kecepatan tinggi. Bila Anda berminat meminang Kia Sportage diesel kondisi bekasnya, ada beberapa hal yang harus Anda cek. Berikut komponen-komponen yang harus dicek sebelum membeli.

Teknis

Walaupun usia Kia Sportage diesel bekas di Indonesia masih cukup muda, alangkah lebih baik mengecek komponen mesin khususnya filter. Mulai dari filter solar, filter AC dan juga filter udara. Khusus filter solar menjadi prioritas mengingat BBM diesel berkualitas di Indonesia belum terdistribusi dengan baik. Khawatir pemilik sebelumnya menggunakan bahan bakar diesel yang buruk.

Meski masih berusia muda, komponen mesin seperti filter wajib diperiksa saat membeli dalam kondisi bekas

Kia Sportage memang mempunyai bantingan suspensi yang empuk dan ground clearance cukup tinggi. Namun karena kondisi jalan yang rusak membuat kerja kaki-kaki lebih ekstra. Lakukan test drive dan pastikan kondisi suspensi misalnya masih nyaman. Komponen lain yang harus diperiksa adalah fitur.

Berbekal mesin diesel turbo dengan teknologi canggih, sudah sepatutnya Kia Sportage mengonsumsi bahan bakar berkualitas dengan rendah sulfur dan cetane yang tinggi. Misalnya Pertamina Dex atau Shell Diesel. Gejala tenaga kurang, suara detonasi (knocking) dan terasa boros salah satu cara indikasi bahan bakar yang digunakan buruk.

Non-teknis

Kehadirannya yang terlambat pada 2015 membuat usia Kia Sportage diesel rata-rata masih muda antara 2 sampai 3 tahun. Dengan garansi yang diberikan Kia sampai 5 tahun, seharusnya pemilik sebelumnya rajin melakukan servis di bengkel resmi. Cek catatan servisnya melalui bengkel resmi atau buku servis.

Jangan sepelekan bagian interior, periksa dasbor dan cek semua fitur berfungsi dengan normal

Sebagai transporter yang mampu menjelajah segala medan, cek seluruh interior. Pastikan tidak ada bekas tanah atau noda bekas makan pada jok dan kolong mobil. Meski terkesan hanya memperburuk tampilan tapi bisa membuat kabin penuh dengan bakteri dan virus.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”