TIPS BELI MOBIL BEKAS : Punya Resale Value Kuat Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun GX 2005

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/15/KM1pHMws/whatsapp-image-2019-04-15-at-11-30-39-37a0.jpeg”>

Ini adalah salah satu mobil paling fenomenal di jagat dunia mobil bekas pada pasar mobil Indonesia. Bentuknya yang mengkotak ala mobil JDM (Japanese Domestic Market), dimensi kompak namun menyajikan kelegaan akomodasi kabin yang mumpuni. Mobil lansiran Suzuki 20 tahun yang lalu ini punya segudang kelebihan. Tak heran Suzuki Karimun GX 2005 punya resale value yang kuat di pasar mobil bekas Indonesia. Berikut ini kami akan bahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun GX 2005 berdasarkan pengalaman tim Cintamobil.com di pasar mobil bekas dan merawat mobil ini.

Suzuki Karimun GX 2005 jadi incaran calon pembeli mobil bekas dan pedagang

Mesin bandel, sparepart murah apakah cukup menjadikannya kelebihan sehingga banyak diincar orang?

Ada alasan khusus mengapa kami memilih tipe GX dari dua tipe Suzuki Karimun yang tersedia di pasar pada tahun tersebut. Karena tipe GX adalah yang tertinggi di kasta Suzuki Karimun yang dijual oleh PT Indomobil Suzuki saat itu. Dibandingkan dengan tipe DX yang merupakan tipe terendah, Suzuki Karimun tipe GX lebih dicari oleh calon pembeli mobil bekas di pasar mobil bekas di Indonesia. Bahkan di listing Cintamobil.com sendiri, Suzuki Karimun tipe GX sendiri ada lebih dari 400 unit. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Karimun GX 2005? Ini pembahasan dari kami.

Meski berdimensi kompak, namun kelegaan kabin dari Suzuki Karimun GX 2005 tidak main-main

Layout dasbor Suzuki Karimun GX 2005 juga praktis dengan banyak tempat penyimpanan

Bahkan dibandingkan Suzuki Karimun Wagon R, Karimun GX masih lebih diminati karena fitur dan harganya

Kelebihan Suzuki Karimun GX 2005

1. Mesin F10A Bandel

Salah satu yang jadi kelebihan dari Suzuki Karimun GX 2005 adalah mesinnya yang bandel. Dapur pacu dari Suzuki Karimun GX 2005 ini menggendong unit berkode F10A karburator sama persis dengan Suzuki Carry dan Suzuki Jimny. Mesin F10A ini tergolong badak dan minim masalah serta tidak membutuhkan perawatan ribet.

2. Sparepart Melimpah

Kelebihan lainnya pada Suzuki Karimun GX 2005 adalah ketersediaan sparepart yang melimpah ruah hingga ke pelosok negeri dan harganya relatif terjangkau. Tak heran, karena menggunakan basis mesin yang sama dengan produk Suzuki lainnya, maka untuk sparepart bisa saling tukar pakai dan saling substitusi.

3. Kabin Lega

Salah satu kelebihan pada Suzuki Karimun tipe GX lansiran tahun 2005 adalah kabinnya yang lega. Mobil berdimensi panjang ‘hanya’ 3,5 meter lebih sedikit (3.520 mm), serta lebar kurang dari 1,5 meter (1.475 mm) dan tinggi 1,6 meter (1.660 mm) mampu menyajikan ruang kepala dan kaki luas berkat wheelbase 2.360 mm.

4. Sudah Pakai EPS

Suzuki Karimun tipe apapun baik DX atau GX sejak lahir di Indonesia tahun 1999 adalah salah satu mobil pertama di Indonesia yang sudah pakai sistem Electronic Power Steering (EPS). Untuk mobil dengan mesin mungil, tentu saja ini merupakan suatu kelebihan, karena kerja dari sistem power steering tidak membebani mesin.

5. Fitur Lengkap

Khusus untuk kelebihan nomor 5 ini hanya akan Anda temui pada Suzuki Karimun tipe GX tahun produksi 2005, karena untuk seukuran mobil kompak, ia sudah dibekali berbagai macam fitur yang bahkan di mobil kekinian tidak ada. Ambil contoh rear deffoger dan pengaturan arah semburan AC yang lengkap.

Kekurangan Suzuki Karimun GX 2005

1. Tenaga Kurang

Meski dibekali mesin 1000 cc 4 silinder segaris dengan kode F10A yang terasa bertenaga di Suzuki Carry Pick Up, pada kenyataannya saat digunakan di Karimun tenaganya terasa kurang meski sudah disesuaikan final gear nya. Tentu saja ini wajar, mengingat bobot Suzuki Karimun sedikit lebih berat dari Carry Pick Up.

2. AC Lama Dingin

Ada satu kelemahan Suzuki Karimun GX 2005 yang dirasa agak mengganggu, yakni AC yang membutuhkan waktu lumayan lama untuk mencapai suhu dingin. Ini lantaran kompresor AC yang sudah lemah atau pengemudi menekan tombol AC ECO yang membuat kerja dari kompresor AC lebih sering mati dan nyala

3. Tidak Terlalu Irit BBM

Kelemahan Suzuki Karimun GX 2005 lainnya adalah tidak terlalu irit. Eits, jangan emosi dulu ya, kami enggak membandingkan dengan mobil keluaran anyar seperti LCGC misal All New Honda Brio Satya. Kami pernah tes, dibandingkan dengan mobil sekelas pada tahun produksi sama, Suzuki Karimun tidak terlalu irit BBM.

4. Fuel Pump Rawan Mati

Pada beberapa kasus, ditemukan bahwa fuel pump elektrik dari Suzuki Karimun GX 2005 rawan mati. Hal ini bukan disebabkan oleh kualitas fuel pump yang jelek, melainkan BBM buruk sehingga kotoran menyumbat saluran fuel pump elektrik yang kecil. Solusinya mudah, selalu gunakan BBM non subsidi berkualitas baik.

5. Kaki-Kaki Tidak Terlalu Tangguh

Karena berformat penggerak roda depan dengan sasis monokok, maka jangan Anda samakan dengan mobil dengan sasis semi monokok dengan layout penggerak roda belakang. Sering ditemui bearing roda Suzuki Karimun GX 2005 oblak, atau ball joint-nya sudah aus. Apalagi jika pemilik sebelumnya bawa mobilnya kasar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”