Tips Eye Makeup Simpel untuk Tampilan Mata Fresh Selama Ramadhan

ulinulin.com – Selain membuat kulit rentan kering, berpuasa tak jarang menjadikan wajah tampak kusam dan lesu. Ditambah lagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini, sulit untuk menjaga tampilan wajah tetap fresh sepanjang hari karena sebagian besar area wajah tertutupi masker kesehatan.

Tapi, bukan mustahil untuk tetap menawarkan tampilan wajah yang fresh dalam keadaan tersebut. Karena itulah akhir-akhir ini dunia kecantikan sangat menonjolkan tampilan mata sebagai poin utama riasan. Dari yang memberikan hasil natural hingga dramatis, semuanya akan menonjolkan keindahan mata.

Nah, karena selama berpuasa wajah menjadi rentan tampak kusam dan lesu, tampilan eye makeup yang paling cocok untuk diadaptasi adalah natural fresh look, atau tampilan mata yang segar dan terlihat natural. Bila kamu ingin tahu tips apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tampilan ini, simak terus poin-poin berikut!

1. Gambar Alis Mengikuti Bentuk Alaminya

Kebanyakan orang menyukai bentuk alis yang rapi, terisi dan sesuai dengan bentuk wajah mereka. Padahal bentuk alis tiap-tiap orang bisa berbeda, dan belum tentu memenuhi kriteria alis yang cocok bila didasarkan dengan bentuk wajah.

Inilah mengapa cukup banyak yang berlomba-lomba membentuk alis mereka entah dengan makeup ataupun prosedur khusus untuk mendapatkan tampilan alis yang dinilai ideal. Padahal, bila ingin mendapatkan tampilan riasan natural, cara terbaik yang bisa dilakukan pada alis adalah menggambar sesuai bentuk alaminya.

Menggambar alis mengikuti bentuk alami juga tidak begitu sulit dilakukan karena tidak melibatkan proses membingkai terlebih dahulu. Kamu hanya perlu mengisi ruang-ruang kosong pada alis dengan menggambar garis-garis helaian mengikuti arah pertumbuhannya. Setelah itu, alis tinggal di-set menggunakan eyebrow gel.

Bila ragu untuk menggunakan pensil alis berwarna hitam pekat, kamu bisa mulai dengan menggunakan pensil alis berwarna coklat tua terlebih dahulu. Selain itu, ketika menggambar helaian, sebaiknya kamu tidak terlalu menekan pensil, terutama pada bagian yang dekat dengan hidung (inner corner).

Rumus lain untuk mendapatkan tampilan alis yang natural adalah bersabar. Menggambar garis-garis helaian sebaiknya tidak dilakukan dengan terburu-buru bila ingin mendapatkan hasil yang optimal. Jangan ragu juga untuk memperbaikinya dengan concealer bila gambar garis helaian menjadi terlalu panjang.

Dengan mengikuti teknik ini, kamu akan mendapatkan alis yang tampak lebih terisi dan rapi. Tentu saja alis juga tidak seperti menggunakan riasan apapun.

2. Buat Tampilan Garis Mata yang Simpel

Ketika bicara soal eye makeup, eyeliner tidak boleh dilewatkan dalam daftar. Pasalnya produk makeup satu ini bisa membuat tampilan mata berubah secara drastis dalam waktu singkat. Tak heran, banyak orang menjadikan eyeliner sebagai holy grail yang selalu dibawa dalam makeup pouch mereka.

Namun, menggunakan eyeliner tidak bisa asal-asalan bila ingin mendapatkan tampilan mata yang fresh dan natural. Bukan berarti kamu tidak diperbolehkan mengadaptasi Wing Liner yang bold untuk mempertajam kesan mata, namun kala ingin menekankan kesan mata yang segar dan natural, Barely-There adalah tampilan yang paling serasi.

Barery-There merupakan tampilan eyeliner yang sangat minimal tapi bisa membuat mata tampak lebih segar tanpa kesan yang mengintimidasi. Orang-orang bahkan mungkin akan terkecoh dan menganggapmu seperti tidak menggunkan eyeliner. Tak heran, tampilan satu ini dinamakan ‘Barely-There’ yang berarti ‘nyaris tidak ada’

Tampilan satu ini bisa kamu dapatkan hanya dengan membuat garis menggunakan eyeliner pencil di sepanjang garis mata atas. Kamu tak perlu memperpanjang garis tersebut menjadi wing, cukup buat garis setipis mungkin hanya di sepanjang garis mata. Bila dirasa garis yang tergambar terlalu tebal, kamu bisa menggunakan cotton bud dan sedikit makeup remover untuk memperbaikinya.

Namun, kalau kamu sudah tergila-gila dengan Winged Liner, kamu juga tetap bisa membuatnya kok. Tapi pastikan garis yang dipulaskan pada garis mata tidak terlalu tebal ya.

3. Minimalisir Penggunaan Heavy Mascara

Pemilihan jenis maskara juga cukup penting untuk kesan mata yang segar. Daripada memilih maskara dengan kemampuan volumizing, lebih baik gunakan maskara dengan fokus utama mengangkat, memanjangkan, dan melentikkan bulu mata saja.

Maskara bening akan sangat memenuhi kriteria ini karena tidak memberikan efek menebalkan sama sekali, namun mampu melentikkan, mengangkat, bahkan memanjangkan helaian bulu mata. Kamu juga dapat menggunakan maskara bewarna coklat atau abu-abu tua untuk kesan pigmentasi yang tidak terlalu intens.

Bila kamu sudah terlanjur membeli maskara dengan klaim menebalkan dan menambah volume, kamu tidak perlu kecewa, karena jenis maskara ini juga tetap bisa digunakan. Tapi, sebelum mengaplikasikannya pada bulu mata, sebaiknya kamu menggunakan tisu terlebih dahulu untuk mengangkat kelebihan produk pada aplikator maskara.

Trik ini juga bisa mencegah maskara menjadi clumpy ketika dipulaskan. Sehingga tampilan bulu mata bisa terlihat lebih natural.

4. Pilih Warna Eyeshadow yang Tepat

Terakhir, tips yang penting untuk dipertimbangkan bila ingin mendapatkan tampilan mata yang fresh dengan makeup adalah pemilihan warna eyeshadow yang tepat. Pilihlah warna-warna yang lembut dan natural sesuai dengan skin tone milikmu. Hindari warna-warna bold ataupun yang terlalu vibrant karena akan membuat tampilan riasan terlalu berlebihan.