Tips Mengatasi Kabin Mobil Yang Berisik Ala Top1

ulinulin.com

Salah satu kelebihan mobil-mobil jaman now diantaranya sisi kenyamanan yang makin meningkat. Dari suara mesin yang kini makin halus, pengoperasian yang makin mudah, hingga kabin yang kedap tanpa berisik. Untuk yang terakhir ini memberi manfaat lebih bagi pengendara karena mereka bisa mendengarkan musik dengan jelas, berbincang-bincang tanpa harus dengan suara keras hingga istirahat tanpa terganggu.

Kabin mobil nyaman bila tak ada berisik

Nah, fakta yang terjadi terkadang berbeda. Pengendara terkadang kurang nyaman karena berisik atau suara-suara ‘aneh’ masuk ke dalam kabin. Ini yang perlu segera diatasi.

Untuk mengatasi kabin mobil berisik sudah tentu harus diketahui apa yang jadi penyebabnya, sebab ada banyak hal yang membuat mobil berisik dan kurang kedap. Misalnya tidak adanya peredam suara, kerusakan komponen, hingga gesekan antar logam. Top1.com membagikan tips mengatasi kabin mobil yang berisik berdasarkan penyebabnya, sebagai berikut:

1. Pasang peredam suara

Jika mobil yang Anda miliki punya peredaman suara yang lengkap, mulai ruang mesin hingga di bagian bodi, hal ini sudah pasti lebih baik. Yang jadi masalah kalau mobil tidak memiliki peredam suara seperti umumnya mobil LCGC dan Anda ingin mobil jadi kedap, Anda harus memasang sendiri peredam suara yang Anda inginkan. Silahkan datang ke bengkel khusus peredam mobil, dan pilih peredaman yang Anda inginkan, untuk ruang mesin, bodi, lantai hingga platform. Anda juga bisa memilih bahan yang disediakan serta ketebalannya.

2. Perbaiki komponen bermasalah

Berisik dalam kabin bisa saja muncul karena ada komponen yang bermasalah, seperti bagian-bagian kendor dan perlu dikencangkan. Jika berisik berasal dari kaki-kaki bisa jadi ada masalah pada bushing arm, tie road, ball joint, shockbreaker. Cek ke bengkel resmi untuk mengetahui penyebab lebih tepat. Jika memang benar bermasalah dan harus diganti, ganti bagian-bagian tersebut dengan yang baru.

3. Lumasi dengan grease

Gunakan grease atau gemuk mobil untuk mengurangi gesekan antar logam

Kabin mobil yang berisik bisa juga karena gesekan antar logam di bagian kolong mobil atau ruang mesin. Bisa jadi hal itu disebabkan kurang pelumasan. Periksa sumber bunyi tersebut dan lumasi dengan grease atau gemuk pelumas.

4. Ganti oli gardan

Kemungkinan lain suara berisik dalam kabin berasal dari gesekan dalam gardan akibat kurang pelumas. Sebagaimana pelumas lain yang memerlukan pergantian, oli gardan juga harus diganti dalam jangka waktu tertentu. Umumnya bersamaan dengan oli transmisi yaitu 2 kali penggantian oli mesin atau sekitar 10-20 ribu km. Penggantian ini penting mengingat komponen dalam gardan selalu bergesekan dengan kecepatan tinggi.

Ganti oli gardan secara berkala sesuai jadwal

Sekali lagi, untuk mengatasi kabin mobil yang berisik seperti tersebut di atas bisa dilakukan sendiri selama Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan soal masalah mobil. Jika tidak lebih baik dilakukan oleh ahlinya atau di bengkel resmi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”