Tips Menjawab Pertanyaan “Apa yang Memotivasimu” saat Interview, Jangan Sembarangan

ulinulin.com – Bagaimana cara tepat saat menjawab pertanyaan interview “apa yang memotivasimu” yang dilontarkan oleh recruiter?

Jika kamu sudah cukup sering melakukan interview kerja, pastinya akan sedikit paham dengan beberapa contoh pertanyaan yang diajukan oleh recruiter.

Tidak hanya pertanyaan soal kelebihan dan kelemahan diri saja, biasanya recruiter juga penasaran dengan motivasi melamar kerja dari kandidat.

Pertanyaan ini cukup menjebak karena tidak sedikit kandidat yang menjawab dengan jawaban yang terlalu biasa. Misalnya karena butuh uang atau ingin menambah pengalaman.

Supaya kamu tidak memberikan jawaban yang terlalu umum seperti di atas, sebaiknya persiapkan jawaban sebaik mungkin.

Jangan bingung, Glints sudah persiapkan solusinya berikut ini.

Baca Juga: Pertanyaan Interview Marketing dan Tips Menjawabnya

Alasan Recruiter Mengajukan Pertanyaan Ini

© Freepik.com

Saat recruiter menanyakan pertanyaan tentang motivasi, sebenarnya mereka ingin tahu lebih dalam soal hal-hal yang disukai oleh kandidat.

Jadi, dalam menjawab pertanyaan interview “apa yang memotivasimu” kamu juga bisa sedikit menceritakan tentang hobi atau hal lain yang disukai.

Namun, pastikan jawabanmu tersebut masih berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Misalnya, kamu melamar pekerjaan sebagai seorang content writer, sebaiknya jawab pertanyaan tersebut dengan hal yang berkaitan.

Ceritakan bahwa kamu menyukai dunia tulis-menulis dan selalu tertantang untuk menulis artikel dengan berbagai topik.

Menurut The Balance Careers, saat menjawab pertanyaan interview “apa yang memotivasimu” jangan lupa untuk menjawab dengan jujur dan detail.

Saat kamu bisa menunjukkan passion yang berkaitan dengan profesi yang sedang dilamar, tentu saja hal itu akan membuat recruiter melirikmu.

Jadi, tidak hanya melihat dari skill saja, recruiter juga mencari kandidat yang memiliki minat besar pada pekerjaan yang dilamarnya.

Baca Juga: 6 Barang yang Harus Selalu Dibawa untuk Interview Kerja

Tips Menjawabnya

© Freepik.com

Saat mampu menjawab pertanyaan interview “apa yang memotivasimu” dengan tepat, bisa menjadi kesempatan bagus agar recruiter mengenalmu lebih baik.

Dilansir dari Indeed, berikut ini beberapa tips menjawab pertanyaan tentang motivasi yang bisa kamu coba terapkan.

1. Pilih suatu hal yang benar-benar kamu sukai

Dalam menjawab pertanyaan yang satu ini, jangan lupa untuk memilih suatu hal yang memang benar-benar membuatmu antusias.

Pikirkan apa hal yang membuatmu betah melakukannya selama berjam-jam. Seperti, saat kamu melakukan suatu hobi atau suatu aktivitas tertentu yang menyenangkan.

2. Jelaskan mengapa kamu menyukainya

Setelah menyebutkan aktivitas yang kamu sukai, berikan sedikit penjelasan mengapa kamu menyukainya.

Terkadang recruiter memang pasti akan bertanya alasan mengapa kamu menyukai aktivitas tersebut.

Jadi, sebaiknya selalu siapkan alasan yang masuk akal saat menjelaskannya.

Misalnya saat kamu suka ikut kegiatan sosial. Kamu bisa berikan alasan bahwa dengan bertemu orang baru bisa membuatmu lebih bersemangat dan mendapatkan banyak pengetahuan baru.

3. Berikan bukti jika kamu memang menyukai hal tersebut

Selain menjelaskan alasan, kamu juga bisa memberikan bukti tingginya antusiasme terhadap hal yang sudah disebutkan.

Misalnya, kamu menyebutkan sangat suka menulis atau hal-hal yang berbau sastra, sebaiknya buktikan antusiasmu kepada recruiter.

Jelaskan bahwa kamu sering mengikuti lomba menulis cerpen atau mengikuti lomba yang berhubungan dengan kesukaanmu tersebut.

Jadi, recruiter bisa percaya jika kamu memang sangat antusias dengan bidang tersebut.

4. Selalu hubungkan dengan pekerjaan

Seperti yang dijelaskan di atas, dalam menjawab pertanyaan interview “apa yang memotivasimu” jangan lupa untuk menghubungkannya dengan pekerjaan yang dilamar.

Recruiter pasti akan sangat tertarik dengan kandidat yang memiliki pengetahuan dan antusiasme tinggi soal bidang pekerjaan yang dilamar.

Pasalnya, jika kandidat memang memiliki hobi yang berkaitan dengan posisi yang dilamar pastinya ia akan selalu memberikan yang terbaik pada pekerjaannya.

Dari beberapa tips di atas, bisa disimpulkan bahwa saat menjawab pertanyaan soal motivasi selalu berikan penjelasan yang berkaitan dengan profesi yang dilamar.

Misalnya, kamu melamar profesi sebagai software engineer sebaiknya ceritakan antusiasme yang kamu miliki terhadap teknologi dan perkembangan software terbaru.

Namun, jika hobimu tidak terlalu berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar bukan berarti kamu tidak perlu memberikan penjelasan.

The Muse menyatakan sebaiknya tetap ceritakan bagaimana hobi tersebut bisa membuatmu bisa jadi kandidat yang berkualitas.

Contohnya kamu suka merajut dan sedang melamar pekerjaan sebagai seorang akuntan. Kedua hal tersebut memang tidak memiliki keterkaitan sama sekali.

Namun, kamu bisa tetap menceritakannya tapi dengan menambahkan beberapa poin seperti skill yang dibutuhkan oleh akuntan.

Jadi, kamu bisa menjawabnya seperti ini, “Salah satu hal yang saya sukai adalah merajut. Meski begitu, merajut bukanlah pekerjaan yang mudah karena membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan perhatian terhadap detail seperti yang dibutuhkan oleh seorang akuntan.”

Baca Juga: 5 Contoh Pertanyaan Interview Saat Melamar Kerja di Perusahaan Startup

Demikianlah penjelasan mengenai cara menjawab pertanyaan interview “apa yang memotivasimu” yang harus kamu ketahui.

Pertanyaan yang satu ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk membuat recruiter lebih mengenalmu.

Supaya kamu bisa menjadi kandidat yang terpilih, sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin dengan mencari tahu lebih banyak jenis pertanyaan saat interview.

Kamu bisa berdiskusi tentang hal yang satu ini di Glints Komunitas. Di forum tanya jawab itu, kamu bisa bertanya atau sekedar berbagi pengalaman saat interview dengan pengguna Glints lainnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan akunmu sekarang juga dan mulai berbagi pengalaman di Glints Komunitas.

Sumber

    Interview Question: What Are You Passionate About?

    Interview Question: “What are You Passionate About?”

    3 Authentic Ways to Answer “What Are You Passionate About?” in a Job Interview

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”