Tips Merawat Material Plastik di Ruang Mesin Biar Selalu Terlihat Bersih

ulinulin.com

Ruang mesin mobil diisi oleh berbagai komponen dengan beraneka jenis material. Termasuk juga komponen yang menggunakan material plastik. Tentunya merawat material plastik pada ruang mesin ini berbeda dengan perawatan komponen mesin lain dengan material yang berbeda.

Dan jika komponen berbahan plastik ini terawat, maka ruang mesin akan terlihat jauh lebih bersih. Selain itu, komponen tersebut pun bisa memiliki usia lebih panjang daripada tidak dirawat.

Berikut tips merawat material plastik yang ada pada ruang mesin mobil Anda:

1. Gunakan Silicon Spray

Semprotkan silicon ke komponen plastik lalu lap

Untuk membersihkan komponen berbahan plastik, diperlukan beberapa alat. Pertama yaitu silicon spray, lap kering yang bersih, kuas cat ukuran kecil, dan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Untuk membersihkan bagian ini pastikan mesin sudah dalam keadaan dingin dan kunci kontak dicabut, sehingga tidak ada aliran listrik pada komponen mesin.

Kemudian langkah selanjutnya adalah lap terlebih dulu permukaan plastik agar debu-debunya hilang. Lalu semprotkan silicon spray pada permukaan plastik, lalu ratakan cairan spray menggunakan kuas cat ke selruuh permukaan plastik. Jika ada plastik yang terletak di sela-sela sempit, Anda bisa gunakan skiat gigi bekas.

Lakukan penyemprotan bagian per bagian, kemudian diamkan sekitar 2-3 menit agar hasilnya maksimal. Setelah itu lap kembali permukaan yang telah disemprot dengan lap kering yang bersih. Lihatlah perbedaannya antara sebelum disemport dan sesudah disemprot.

2. Melindungi Gesekan

Ruang mesin akan terlihat selalu bersih

Selain terlihat bersih, merawat material plastik pada ruang mesin mobil Anda menggunakan silicon spray juga memiliki manfaat lain. Yaitu dapat melapisi permukaan plastik dari kelembaban dan gesekan dengan material lain.

Selain itu, bahan ini juga bisa membuat kelenturan kabel tetap terjaga. Karenanya merawat material plastik juga dapat dilakukan dengan penyemprot plastik pelindung kabel di ruang mesin.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”