Tips Mudah Membersihkan Ruang Mesin pada Mobil

ulinulin.com – Menjaga kebersihan mobil merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Selain membersihkan eksterior, bagian interior dan kaki-kaki mobil juga harus dalam keadaan bersih. Disamping itu, pemilik mobil juga perlu membersihkan ruang mesin agar mesin tetap awet. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin mobil. Jika teknik yang digunakan salah, maka komponen mesin akan bermasalah dan bisa korslet. Berikut ini adalah tips aman membersihkan ruang mesin pada mobil.

Pastikan Mobil dalam Kondisi Dingin

Salah satu tips ketika hendak membersihkan ruang mesin pada mobil adalah mesin diusahakan dalam keadaan dingin. Biasanya dilakukan ketika pagi hari, atau kondisi mesin belum dipakai. Apabila mesin sudah dijalankan, tunggu sekitar 30-45 menit sampai mesin mobil menjadi lebih dingin. Hal ini dilakukan agar mesin lebih mudah dibersihkan dan menghindari arus listrik yang masih tersisa pada komponen mesin.

Hindari Menyemprotkan Air ke Ruang Mesin

Pembersihan ruang mesin harus dilakukan secara hati-hati. Jika dilakukan secara sembarangan, maka mesin dapat mengalami korsleting dan berbahaya. Hindari menyemprotkan air langsung ke ruang mesin, apalagi penyemprot bertekanan tinggi. Hal ini dapat membuat soket kelistrikan basah. Jika tidak segera dikeringkan, maka resiko korsleting bisa saja terjadi. Selain itu, pemilik mobil harus memperhatikan komponen kelistrikan mobil saat hendak membersihkan ruang mesin.

Gunakan Kain atau Steamer untuk Membersihkan Ruang Mesin

Pemilik mobil disarankan untuk menggunakan kain saat membersihkan bagian komponen pada mesin mobil. Saat membersihkan bagian mesin, fokus terlebih dahulu pada permukaan mesin yang besar dan bagian yang mudah dijangkau. Gunakan steamer dengan lubang yang kecil untuk membersihkan bagian mesin yang sulit dijangkau. Hal ini dilakukan agar air tidak menyebar ke komponen mesin lain.

Keringkan Bagian Mesin yang Sudah Dibersihkan

Setelah membersihkan mesin, keringkan mesin menggunakan lap microfiber agar tidak ada tetesan air yang tertinggal. Tahap ini sangat penting dilakukan untuk menghindari karat. Selain itu, pemilik mobil bisa menyalakan mesin untuk menghangatkan bagian-bagian yang lembab sambil membuka kap mesin.