Tips Pasang Baut Roda Aftermarket: Jangan Asal Murah atau Desain yang Menarik

ulinulin.com

Demi mendapatkaan tampilan yang lebih keren, detail terkecil bisa membuat penampilan mobil Anda terlihat menjadi lebih modis. Sehingga modifikasi seringan apapun akan berdampak pada tampilan mobil secara keseluruhan. Salah satunya adalah dengan mengaplikasi baut roda tipe aftermarket. Meskipun memiliki dimensi yang kecil, namun baut roda memiliki fungsi vital dalam mengikat roda agar selalu terpasang dengan optimal, selain menyumbang nilai plus pada tampilan kaki-kaki.

Aplikasi baut roda aftermarket harus sesuai dengan velg yang digunakan

Fungsi utama baut roda tak lain sebagai pengaman velg tetap menempel pada teromol roda dengan sempurna. Namun Anda juga perlu memperhatikan ukuran dan jenisnya baut roda aftermarket yang memiliki jenis berbeda. Jika melihat bentuknya, baut roda memiliki 3 jenis yang berbeda, yakni model acorn, ball dan flat. Yang menjadi permasalahan adalah, umumnya setelah ganti velg, tak jarang pemilik mobil yang tak menyadari bahwa bentuk lubang baut roda pada bawaan velg tidak sesuai dengan baut roda tipe aftermarket. “Sehingga baut rodanya tidak mengunci dengan baik,” ujar Karman dari gerai Pesona Ban, di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur. Jadi, ketika melakukan penggantian velg, disarankan mengganti baut roda tipe aftermarket yang sesuai dengan lubang pada peleknya.

Jenis baut roda dilihat dari modelnya. Awas jangan sampai tertukar atau salah pasang

Hal tersebut bertujuan agar, velg dapat mengunci dengan sempurna dan tidak mudah rusak jika terkena guncangan saat berkendara.”Kalau sampai keliru, seperti baut roda tipe ball dipasang di lubang tipe acorn, tentu akan membuat velg tak bisa mengunci dengan sempurna,” tambah karman. Sementara tipe flat (dudukan rata), dianggap memiliki tingkat kepresisian yang tinggi lantaran dapat mengunci velg dan roda lebih optimal.

Baut roda aftermarket yang berkualitas memang mahal, namun sebanding dengan kualitas dan kekuatannya

Selain dari bentuknya, pemilihan baut roda versi aftermarket juga harus memperhatikan materialnya. Saat ini banyak beredar model aftermarket yang secara kasat mata memiliki tampilan yang menarik, namun dibuat dengan material yang kurang baik, sehingga rentan mengalami slek saat dibuka di kemudian hari. Umumnya disarankan menggunakan baut roda dengan material yang ringan dan kuat, dengan bahan dasar baja, aluminiun alloy hingga bahkan material eksotik seperti duralumin. “Buka sekedar gaya-gayaan, lantaran akan memiliki kekuatan yang sudah teruji baik di ajang balap atau lewat sesi pengetesan yang panjang,” pungkas Karman.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”