Tips Praktis dan Jitu Meningkatkan Hidup Sebagai Freelance

ulinulin.com – Ayo, meningkatkan hidup sebagai Freelance! Ini tips praktis dan jitu yang bisa Anda tiru.

Freelance atau pekerja lepas waktu memiliki berbagai keuntungan dibandingkan pegawai kantoran pada umumnya. Tetapi, tanpa pengaturan yang benar, keuntungan ini akan menjadi sia-sia.

Artikel Finansialku ini akan membahas beberapa tips berguna yang dapat dilakukan oleh freelancer untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Rubrik Finansialku

9 Tips untuk Meningkatkan Hidup Sebagai Freelancer

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan keuntungan yang Anda miliki sebagai freelancer.

Tentunya masing-masing orang memiliki tujuan dan prioritasnya sendiri. Untuk itu, sesuaikan tips di bawah ini dengan prioritas Anda untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

#1 Semakin Banyak yang Kamu Kerjakan, Semakin Banyak yang Kamu Dapatkan

Salah satu perbedaan freelancer dan pegawai pada umumnya adalah, penghasilan yang Anda dapatkan proporsional dengan tugas Anda.

Jika sebagai pegawai, Anda mendapatkan gaji bulanan yang jumlahnya tetap dengan beban tugas yang mungkin berbeda dari bulan ke bulan atau dari orang dengan gaji yang sama. Pada pekerjaan freelance sistem tersebut tidak berlaku.

[Baca Juga: WASPADA! 5 Kesalahan Freelance yang Dapat Mengancam Keberlanjutan Usaha]

Pada sistem freelance, Anda mendapatkan penghasilan per proyek yang Anda kerjakan. Ini berarti, semakin banyak proyek yang Anda kerjakan, semakin besar pula penghasilan yang Anda dapatkan.

Jika fokus hidup Anda adalah untuk mencari uang, maka Anda dapat mengerjakan lebih banyak proyek.

Di sisi lain, jika Anda ingin menikmati hidup Anda dan mendapatkan penghasilan yang sedang, maka Anda dapat mengerjakan lebih sedikit proyek.

#2 Susunlah Daftar Pekerjaan

Seringkali seorang freelancer kewalahan dalam mengatur jadwal mereka, padahal seharusnya dengan adanya kebebasan waktu, freelancer mempunyai waktu yang lebih panjang dibandingkan pegawai pada umumnya.

Hal ini menunjukkan kurangnya pengaturan jadwal yang baik. Sebaiknya Anda memiliki daftar pekerjaan serta deadline untuk setiap harinya. Jadwal harian ini yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.

Berusahalah untuk disiplin dalam mengikuti jadwal tersebut. Dengan mengikuti jadwal dengan benar, Anda akan memiliki waktu untuk menyelesaikan banyak proyek sekaligus.

#3 Luangkan 5 Menit Setiap Hari untuk Mengecek Status Keuangan Anda

Bagi seorang freelancer, keuangan yang teratur merupakan poros dari kehidupan yang nyaman. Untuk itu, Anda harus meluangkan waktu Anda untuk mengatur keuangan Anda.

5 menit adalah waktu minimal yang Anda butuhkan untuk menghitung apa yang menjadi kendala keuangan Anda.

Apakah itu pembayaran yang telat? Apakah itu harga yang terlalu rendah? Apakah proyek yang terlalu sedikit?

Dalam 5 menit tersebut, lakukanlah perubahan, baik itu menghubungi langsung klien Anda atau mencari alternatif lain.

[Baca Juga: Ini Dia Rahasia Mengurus Keuangan Untuk Pekerja Lepas (Freelance)]

Walaupun singkat, sedikit pun waktu yang Anda luangkan untuk kehidupan finansial Anda akan sangat membantu Anda mengontrol bisnis Anda.

Sudahkah Anda mencatat dan merencanakan keuangan Anda? Download aplikasi Finansialku sekarang juga di Google Play Store.

#4 Manfaatkan Tempat Kerja yang Fleksibel

Kenyamanan hidup seringkali dihubungkan dengan lingkungan pekerjaan karena kebanyakan waktu akan dihabiskan di dunia kerja.

Ketika menjadi freelancer, Anda dapat menyesuaikan lingkungan kerja dengan preferensi pribadi karena salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah Anda dapat bekerja di mana saja.

Jika Anda lebih nyaman bekerja di lingkungan yang ramai, kafe atau restoran dapat menjadi pilihan Anda. Jika Anda membutuhkan lingkungan kerja yang kondusif dan tenang, rumah Anda sendiri juga dapat dijadikan tempat kerja.

Dengan tempat kerja yang fleksibel, Anda dapat lebih nyaman melewati hari-hari kerja.

#5 Mengatur Ulang Prioritas Waktu

Pegawai normal memiliki jam kerja yang pasti dan seringkali kaku, tidak hanya untuk hari kerja, untuk hari liburnya pun harus disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

Karena masalah ini, seringkali pegawai harus merelakan waktu rekreasi bersama keluarga atau waktu luang karena alasan pekerjaan.

Hal ini tentunya tidak berlaku untuk freelancer, Anda memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi terhadap waktu kerja Anda.

[Baca Juga: 5 Soft Skill untuk Freelance Ini Amat Diperlukan. No 3 Sangat Penting!]

Fleksibilitas ini harus Anda manfaatkan dengan maksimal, misalnya jika Anda memiliki kesulitan bangun pagi, maka Anda dapat bekerja di malam hari. Sesuaikan jam produktivitas tertinggi Anda dengan jam kerja Anda.

Dengan fleksibilitas waktu ini, Anda dapat dengan lebih mudah mengatur ulang prioritas waktu Anda.

#6 Tabung Uang Hasil Penghematan Anda

Bekerja sebagai freelancer sebenarnya lebih hemat dibandingkan pegawai.

Mulai dari uang transportasi yang minimal karena Anda dapat mengerjakan tugas Anda di mana saja bahkan di kamar tidur, hingga setelan kerja Anda yang tidak perlu Anda pusingkan karena Anda tidak perlu bertemu dengan atasan atau rekan kerja Anda.

Uang hasil penghematan ini dapat Anda tabung untuk dialokasikan ke beberapa hal lainnya misalnya untuk menambah peralatan yang mendukung kerja Anda, atau membayar kelas-kelas untuk mengasah kemampuan Anda.

Tentunya dengan cara ini, tingkat hidup Anda akan lebih meningkat.

#7 Pilih Pekerjaan yang Layak Anda Lakukan

Bekerja tanpa ada paksaan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan dalam hidup. Menjadi freelancer memberikan Anda kebebasan untuk memilih proyek mana yang ingin Anda terima dan tolak.

Kelayakan sebuah proyek dapat dinilai dari waktu dan bayaran yang diberikan. Anda dapat menghitung rata-rata waktu yang Anda butuhkan untuk sebuah proyek.

[Baca Juga: Uang Recehan dari Kembalian Dapat Bermanfaat Jika Anda Kelola dengan Baik]

Jika waktu yang diberikan terlalu singkat, kemungkinan besar Anda tidak dapat menyelesaikan proyek tersebut dengan sempurna. Begitu pula dengan bayaran yang terlalu sedikit hanya akan menghabiskan waktu Anda.

Jika menurut Anda, sebuah proyek tersebut tidak sebanding dengan waktu atau bayarannya, maka Anda dapat menolaknya. Manfaatkan kebebasan sebagai freelancer tersebut untuk memilih apa yang ingin Anda lakukan.

#8 Selingi Waktu Anda dengan Beristirahat

Tidak seperti pegawai tetap dimana waktu mereka adalah milik perusahaan, sebagai freelancer, Anda memiliki hak penuh atas waktu Anda sendiri. Manfaatkan hak ini untuk menghadiahi diri Anda waktu untuk istirahat.

Tidak hanya baik untuk fisik Anda, menurut penelitian, istirahat sebenarnya dapat meningkatkan produktivitas kerja. Lakukan olahraga ringan pada saat Anda beristirahat untuk merenggangkan diri Anda.

#9 Promosikan Diri Anda

Penghasilan Anda bergantung pada penawaran dari konsumen atau klien. Untuk meningkatkannya, maka Anda harus lebih sering melakukan promosi jasa milik Anda.

Di era teknologi ini, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai media promosi. Anda juga dapat memanfaatkan platform online yang mempertemukan pencari jasa freelance dengan pemberi jasa freelance.

Berinvestasi Pada Diri Sendiri

Semakin berkualitas hasil kerja Anda, semakin banyak pula yang akan mencari Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berinvestasi pada diri Anda sendiri.

Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda? Adakah tips khusus atau kebiasaan yang dapat Anda bagikan untuk para pembaca Finansialku?

Silakan berikan komentar Anda pada kolom dibawah ini.

Sumber Referensi:

    Admin. 9 Januari 2017. 10 Ways Your Life Improves When You Become a Freelancer. Dumblittleman.com – https://goo.gl/cmwKXP

    Erin Blakemore. 15 April 2016. 7 Things You Can Do Right Now to Improve Your Life as a Freelancer. Creativelive.com – https://goo.gl/jMLXES

Sumber Gambar:

    Pekerjaan Freelance – https://goo.gl/BqmFV5

    Freelance – https://goo.gl/BTPsN2

    Pekerjaan – https://goo.gl/7y151b

    Keuangan – https://goo.gl/xbbdT7

    Prioritas Waktu – https://goo.gl/67JVJY