TOKYO AUTO SALON 2022: Subaru Lahirkan Konsep Mobil Balap Listrik, Siap Taklukkan Nurburgring

ulinulin.com – TOKYO – Mobil performa tinggi menjadi sajian Subaru dalam meramaikan Tokyo Auto Salon 2022. Seperti janjinya melalui teaser sebelum pameran, Subaru memperkenalkan konsep mobil balap bertenaga listrik bernama STI E-RA, di samping model-model garapan STI lainnya. Mobil balap listrik ini dikembangkan untuk memecahkan rekor baru.

STI E-RA lahir dengan asal nama yang diambil dari singkatan Electric Record Attempt, dengan bentuk layaknya prototipe mobil endurance. Dari arah pengembangannya, sepertinya Subaru ingin menantang ID.R milik Volkswagen yang telah memecahkan berbagai rekor di sejumlah sirkuit dunia. Tujuan utamanya adalah menjadikan STI E-RA sebagai proyek studi pengembangan teknologi baru di motorsport.

Target besar yang diemban oleh STI E-RA dari Subaru adalah untuk memecahkan rekor baru di Nurburgring Nordschleife, Jerman, di bawah lap time 6 menit 40 detik. Rekor ini dijadwalkan untuk bisa ditaklukkan pada tahun 2023, setelah mobil ini selesai menjalani pengujian intensif keliling Jepang. Dengan target tersebut, STI E-RA mengincar Porsche 911 GT2 RS yang memegang rekor 6:38,835 menit. Sementara VW ID.R berada di angka 6:05,336 menit.

Mobil yang dikembangkan untuk tonjolkan performa powertrain listrik sambil melestarikan iklim yang sehat ini ditenagai oleh empat unit motor listrik. Keempat penggerak tersebut didukung inverter terintegrasi yang dibuat oleh Yamaha. Secara total, STI E-RA menghasilkan tenaga sampai 1.037 hp dengan energi yang berasal dari baterai lithium-ion 60 kWh.

Sistem elektris ini juga dilengkapi dengan teknologi torque vectoring yang rumit, untuk menerima sinyal dari sensor setiap roda terkait kecepatan roda, kecepatan kendaraan, sudut kemudi, G-force, yaw rate, tekanan rem, dan beban pada setiap roda. Informasi ini semua akan diolah untuk menghasilkan kedinamisan berkendara yang maksimal dalam mengerahkan performanya di trek.

Seperti dikatakan sebelumnya, STI E-RA punya desain yang identik dengan mobil balap prototipe. Fascia depannya ditandai dengan lampu depan besar berhias LED DRL bentuk C khas Subaru. Lalu moncongnya lancip dan rendah, sepintas mirip tampang supercar McLaren, yang sekaligus disertai splitter besar penghasil downforce depan. Ada ventilasi di fender depan untuk tingkatkan aerodinamika, kemudian air scoop besar di atap. Kemudian kalau lihat buritannya, hadir sayap dan diffuser raksasa.

Hanya bagian eksterior yang ditunjukkan oleh Subaru untuk STI E-RA ini, karena mungkin pengembangannya belum selesai penuh. Kokpitnya tertutup kanopi dengan desain mirip pesawat tempur, dibungkus kaca gelap yang merahasiakan tampilan interiornya.

STI E-RA bukan satu-satunya mobil listrik Subaru yang debut di Tokyo Auto Salon 2022, yang didampingi Solterra STI, modifikasi dari konsep SUV listrik kembaran Toyota bZ4X. lalu hadir juga lini model Garapan STI seperti Levorg STI Performance Concept, WRX S4 STI Performance Concept, BRZ STI Performance, dan mobil balap BRZ GT300.WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”