Topi Frigia maskot Olimpiade Paris 2024

ulinulin.com – Dengan lebih dari 600 hari lagi menuju Olimpiade Paris 2024, Panitia Penyelenggara telah merilis maskot resmi untuk pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan itu, pada 26 Juli hingga 11 Agustus, yang dinamakan “The Phryges”.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade, Senin, “The Phryges” (dibaca free-jes) diambil dari nama Phrygian atau Frigia yang merupakan sebuah topi ikonik Prancis yang telah lama dikaitkan sebagai simbol kebebasan dalam budaya Eropa dan kolonial. Topi tersebut berbentuk kerucut dengan ujung atas yang bengkok.

“The Phryges” yang terdiri atas satu maskot Olimpiade dan Paralimpiade itu memiliki misi untuk menunjukkan kepada dunia bahwa olahraga dapat mengubah segalanya dan pantas mendapatkan peran utama dalam masyarakat.

“Dibandingkan hewan, maskot ini lebih mewakili kami. Topi Frigia adalah simbol kebebasan. Mengingat topi tersebut sudah sangat akrab bagi kami bahkan muncul di stempel dan pedimen di bawah atap gedung balai kota kami. Topi itu juga mewakili identitas dan semangat Prancis,” ungkap Presiden Paris 2024 Tony Estanguet.