Toyota Akhirnya Siapkan Sistem Infotainment Android Auto

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/25/Ay6TmsFs/a1-extremetech-b41b.jpg”>

Baru saja membuka Apple CarPlay, Toyota mungkin segera menawarkan kompatibilitas Android Auto di kendaraan masa depan mereka, menurut laporan dari Automotive News. Sumber lain mengatakan pengumuman resmi bisa diungkapkan bulan depan.

Produsen mobil Jepang raksasa adalah salah satu produsen besar terakhir yang mengumumkan kompatibilitas CarPlay. Setelah bertahan selama bertahun-tahun, Toyota mengumumkan bulan Januari lalu bahwa layanan infotainment dalam mobil milik Apple akan muncul di mobil mereka dengan Avalon 2019.

Sebelumnya Toyota menolak menggunakan Android Auto karena malasah privasi pelanggan (Foto: ExtremeTech)

Namun Toyota terus menjauhi Android Auto dengan masalah keamanan dikutip sebagai salah satu alasan adopsi yang tertunda. Sementara itu, Toyota telah menghabiskan beberapa tahun terakhir membangun platform SmartDeviceLink milik Ford, yang memungkinkan beberapa aplikasi iOS dan Android pada layar kendaraan.

“Kami ingin melindungi privasi pelanggan kami,” kata Mark DeJongh, Manajer Program Eksekutif Avalon, tentang kerjasama perusahaan terhadap Android Auto pada bulan April. “Kami sangat percaya pada sikap kami dan apa yang kami lakukan.”

Sistem infotainment berbasis Android ini sudah kompatibel dengan hampir 50 merek mobil yang berbeda di seluruh dunia, kurang dari Apple CarPlay yang sudah terkoneksi dengan 60 merek. Volvo juga akan segera menyediakan sistem operasi bertenaga Android dan baru-baru ini diikuti oleh hal yang sama oleh aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Toyota akan memperkenalkan Android Auto pada lini produknya tahun depan (Foto: gas2)

Perwakilan Toyota belum mengkonfirmasi laporan tersebut. “Kami memahami ada permintaan untuk Android Auto dan kami belum melupakan pelanggan Android kami,” kata mereka. “Jika kami menawarkan fitur ini, atau fitur lainnya, di masa depan, kami akan melakukannya dengan keyakinan bahwa privasi konsumen dan keamanan data mendapatkan standar tinggi Toyota.”

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”