Toyota Launching Dua SUV Baru Hari Kamis, Salah Satunya Fortuner Mesin 2.8L

ulinulin.com – JAKARTA – Toyota akan mengawali tahun 2022 di Indonesia dengan meluncurkan dua model SUV baru. Dari undangan peluncuran yang redaksi kami terima, dua model tersebut adalah New Toyota Fortuner dan All New Toyota Land Cruiser, yang akan digelar pada pekan ini. Dicantumkan, dua SUV itu akan meluncur di hari Kamis, tanggal 13 Januari 2022 mendatang.

Kedua produk ini telah lama dibicarakan oleh penggemar SUV yang menebak waktu kehadirannya di Indonesia. Land Cruiser akan bermain di pasar SUV Premium sedangkan New Fortuner akan melengkapi jajaran model populer tersebut.

Terhitung yang paling menarik sebenarnya adalah Fortuner. Informasi soal kehadiran pembaruannya sudah dibicarakan orang sejak 2021 silam. Pada Permendagri No. 40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut tercatat Fortuner 2.8 VRZ dengan penggerak 4×2 dan 4×4 terdaftar dengan kode GUN166R-SDTHXD dan GUN156R-SDTHXD. Masing-masing memiliki harga dasar Rp 452.550.000 dan Rp 581.700.000. Bocoran lain mengenai kehadiran model ini juga tercatat pada Situs Kemenkumham pada daftar terbaru desain industri pertengahan Agustus lalu. Terdapat dokumen yang menyertakan desain untuk emblem 2.8.

Soal penjualan, Fortuner juga termasuk model yang membanggakan. Catatan wholesale dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memperlihatkan sebanyak 20.968 unit Fortuner diantarkan ke dealer dari Januari sampai November tahun lalu. Model GR Sport dan VRZ 2.4 mendominasi pilihan varian SUV tersebut.

Lantas apa yang akan diharapkan dari kehadiran model baru minggu depan? Berdasarkan informasi yang dihimpun Oto.com pembaruan paling besar adalah penggunaan mesin baru. Mesin 1GD-FTV DOHC VNT Intercooler 2.755 cc kini melengkapi varian 2.7 dan 2.4. Mesin ini menghasilkan tenaga 203,9 ps dan torsi 499 Nm. Mesin ini akan ditawarkan pada varian 4×4, 4×2 GR Sport dan 4×2 VRZ.

Soal varian, dari bocoran brosur yang tersedia, kini varian penggerak 4×2 memiliki beberapa pilihan yakni 2.7 GR Sport, 2.8 GR Sport, 2.8 VRZ, 2.4 GR Sport, 2.4 VRZ, serta 2.4 G yang memiliki pilihan transmisi manual. Model penggerak 4×4 yakni 2.8 GR Sport dengan pilihan transmisi AT menjadi yang teratas. Soal nama, Toyota tidak akan menggunakan nama Legender seperti yang hadir di pasar Thailand atau Filipina. Nama ini sempat muncul setelah mobil produksi Indonesia ini terlihat di pelabuhan Patimban saat akan diekspor beberapa waktu lalu.

Dimensi Fortuner tidak berubah. SUV ini masih menawarkan ukuran panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm serta wheelbase 2.745 mm. Fortuner terbaru ini hadir dengan bemper depan dan grille yang padat dengan penerangan LED pada headlamp dan foglamp. Terdapat penanda GR Sport pada bagian samping dan emblem belakang khusus untuk varian GR Sport. Emblem 2.8 menjadi pembeda dengan model bermesin lebih kecil.

Interior pada varian GR Sport hadir dengan warna gelap yang elegan, serta menimbulkan kesan mewah dan sporty. Head unit layar sentuh ukuran 9 inci hadir dengan beragam fitur salah satunya NFC untuk membaca kartu uang elektronik. Fitur Auto AC dengan dual zone serta pengaturan bangku elektrik untuk sisi pengemudi dan penumpang menjadi standar kenyamanan di baris pertama.

Fitur menarik lainnya seperti hadirnya wireless charger, rear seat monitor entertainment, kamera 360 derajat dan layar MID. Fortuner ini juga dilengkapi mode berkendara yang terdiri dari ECO, Power dan Normal serta kemudahan memilih mode penggerak pada model 4×4 melalui tombol pada dashboard. Fortuner 2.8 juga sudah memiliki fitur power backdoor dengan kick sensor.

Sayangnya, SUV ini belum dibekali dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Namun sisi keselamatannya hadir dari keberadaan 7 SRS airbag, hill start assist, emergency brake signal, traction control, vehicle stability control dan trailer sway control.

Toyota juga sudah menyertakan fitur T intouch yang membuat pemilik kendaraan mampu berkomunikasi dengan kendaraannya melalui perangkat telepon seluler. Fitur ini terdiri dari beberapa fitur seperti find my car, geofencing, e-car maintenance, support center, trip driving update serta road assistance.

Fortuner terbaru masih ditawarkan dengan pilihan warna yang sama yakni super white, silver metallic, dark gray mica metallic, attitude black, dan phantom brown metallic.

Sayangnya soal harga, belum ada bocoran. Saat ini varian 4×4 2.4 VRZ ditawarkan dengan banderol harga Rp 634 jutaan dan model populer seperti VRZ 4×2 GR Sport di angka Rp 586 jutaan. Pastinya akan ada kenaikan pada model mesin 2.8 ini.

Lengkapnya seperti apa? Kita tunggu saja kehadiran New Fortuner pada tanggal peluncurannya hari Kamis mendatang.SETYO ADI / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”