Toyota Siapkan GR Supra Manual, Girboksnya Bukan Dari BMW

ulinulin.com – JAKARTA – Kabar gembira bagi Toyota Supra enthusiast. Pabrikan bakal menyediakan Toyota Supra dengan transmisi manual, setelah sebelumnya hanya tersedia dalam versi girboks otomatis saja. Sports car tersebut bakal diproduksi dengan model tahun 2023 dan transmisi manualnya bakal betul-betul baru.

Toyota GR Supra akan memakai girboks manual baru yang berbeda dengan BMW Z4

Berapa varian mesin yang ditawarkan oleh Toyota untuk GR Supra?

Sebetulnya, isyarat pabrikan untuk melahirkan Supra bertransmisi manual sudah disinyalkan oleh Chief Engineer Toyota Supra, Tetsuya Tada tahun 2020 lalu. Ia waktu itu mengumumkan bahwa versi manual bisa saja dirilis suatu saat nanti kalau permintaan terhadap kendaraan tersebut tinggi. Tak berapa lama kemudian dari situ, muncul ragam rumor yang menyatakan bahwa Supra girbok manual sudah dalam tahap pengerjaan dan Toyota Eropa pun mengonfirmasi rencana kedatangannya.

Akhirnya kemarin keluar siaran pers yang disertai dua foto dari pabrikan. Satu foto memperlihatkan badge Supra yang ditulis dengan warna merah. Warna ini tampaknya buat membedakan dengan versi otomatis. Yang lebih jelas lagi adalah foto kedua berupa tiga pedal untuk meyakinkan media bahwa Toyota sungguh-sungguh bakal merilis versi manual.

Perkataan transmisi baru atau dalam rilis disebut ‘all new’ tampaknya mengisyaratkan bahwa girboks itu bukan pinjaman dari BMW dan tidak berbagi platform dengan pabrikan Jerman. Tidak seperti pada Supra sebelumnya yang berbagi platform dengan roadster BMW Z4. Girboks ini aseli buatan Toyota.

Toyota Supra yang edar sekarang ini memiliki dua versi mesin. Yaitu 4 silinder segaris 2.0 liter turbocharge yang menghasilkan tenaga 255 hp dan 6 silinder segaris 3.0 liter turbo yang menghasilkan tenaga 382 hp. Yang dijual di Indonesia adalah varian tertinggi 3.0 liter dan kendaraan ini pernah dinobatkan oleh sebagai Best Sports car 2021.

Dari rumor sih dibilang, GR Supra manual ini akan lebih bertenaga dan fiturnya lebih banyak. Tentunya harganya pun akan lebih mahal. Jumlah yang diproduksi tampaknya akan lebih terbatas atau mungkin menjadi edisi istimewa.

Pabrikan belum memberikan informasi detail tentang Supra versi terbaru ini. Baru menyebutkan bahwa mobil tersebut akan dibekali dengan transmisi manual “all-new, tailor made”. Kenapa kok tak memakai girboks buatan BMW, seperti versi otomatis sebelumnya? Kalimat ini dikalangan GR Supra enthusiast cukup penting.

Konon, sudah sejak lama kinerja girboks manual BMW dianggap kurang memuaskan. Perpindahan giginya dianggap oleh enthusiast kurang pas, kurang halus, terlalu menyentak. Jadi kalau unit girboks GR Supra nanti betul-betul ‘all-new’, bakal jadi kabar gembira buat kalangan pecinta GR Supra.

Toyota hanya menyebutkan bahwa transmisi manual Toyota GR Supra diproduksi untuk memberikan sesuatu kepada kalangan enthusiast feeling yang sangat mendekati DNA Gazoo Racing yang dapat memperkaya pengalaman mengemudi penggunanya. (EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”