Trik Memilih Head Unit Bekas yang Masih Berkualitas

ulinulin.com

Pemilik mobil biasanya memperhatikan juga kondisi sistem hiburannya. Jika dirasa kurang puas dengan perangkat hiburah pada mobil tersebut, maka langkah modifikasi audio yang harus ditempuh.

Beberapa piranti entertainment yang ada di sebuah mobil antara lain head unit, speaker, dan subwoofer. Nah diantara ketiga perangkat ini, yang paling sering diganti adalah head unit. Karena banyak pemilik mobil yang merasa tidak puas dengan kinerja maupun fitur pada head unit standar mobil tersebut.

Namun jika keinginan mengganti head unit standar dengan head unit baru terbentur dana yang terbatas, maka head unit dalam kondisi bekas pakai bisa juga dilirik. Tetapi tentunya Anda harus mengetahui trik memilih head unit bekas yang akan dipasang ke mobil Anda. Ini dibutuhkan guna mendapatkan head unit mobil yang masih dalam keadaan baik tapi dengan harga lebih terjangkau.

1. Periksa Kondisi Fisik

Pastikan secara fisik head unit masih terlihat baik

Sama seperti saat hendak membeli barang apapun, ketika memutuskan akan membeli sebuah head unit bekas maka Anda harus cek kondisi fisiknya. Periksa secara teliti apakah ada bagian yang sudah pecah atau penyok. Periksa juga kelengkapan baut untuk memperkirakan apakah head unit itu sudah pernah diperbaiki atau belum. Lihat juga kondisi warnanya, sudah kusam atau masih cukup bagus.

2. Tombol Utuh dan Berfungsi

Pastikan tombol-tombol masih berfungsi dengan baik

Sambil memeriksa kondisi fisik, pastikan juga seluruh tombol di head unit mobil itu masih lengkap. Coba tekan-tekan semua tombol, apakah masih baik atau sudah rusak. Perhatikan pula huruf-huruf pada tombol tersebut harus masih terlihat jelas. Karena jika sudah pudar akan membuat Anda kesulitan saat harus mengoperasikannya nanti.

3. Jangan Lupa Dites

Minta penjual untuk mengetes head unit tersebut

Kalau kondisi fisik masih cukup baik, sebelum yakin untuk memilih head unit bekas tersebut, jangan lupa untuk dites lebih dahulu. Minta kepada pihak penjual untuk menyalakan head unit tersebut. Apabila penjual tidak mengizinkan, itu artinya ada kerusakan pada perangkat tersebut. Sebaiknya pilih head unit atau penjual lain.

4. Cek Kondisi Layar

Jangan sampai ada noda hitam di layar

Ketika head unit sudah dalam kondisi menyala, perhatikan fisik layarnya. Semua huruf dan gambar menu pada layar harus tertampil jelas. Pastikan juga tidak ada noda hitam atau garis hitam di layar yang menandakan layar pernah jatuh atau terbentur benda. Jika itu adalah jenis head unit layar sentuh, coba akses beberapa menu dengan menyentuh layarnya. Layar harus bisa merespon positif setiap sentuhan jari tangan untuk mengakses menu.

5. Coba Semua Menu

Tes semua menu di head unit tersebut

Terakhir, pastikan semua menu pada head unit mobil yang sedang Anda incar tadi masih berfungsi. Sebaiknya bawa CD atau DVD milik Anda untuk mencoba apakah head unit mampu membaca format dalam kepingan cakram tersebut. Coba juga slot USB dan SD Card yang mungkin ada. Kalau head unit tersebut memiliki fitur layar lipat, pastikan layar melipat sempurna saat head unit dimatikan. Dan layar akan kembali terbuka ketika head unit diaktifkan kembali.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”