Tutorial Teknik ‘Seasoning’ untuk Membuat Wajan Anti Lengket

ulinulin.com – Memasak Dengan Wajan. (Source: Shutterstock)

Dream – Menggoreng makanan tidak selalu semudah yang terlihat di layar kaca. Terkadang, makanan yang digoreng bisa menempel pada wajan dan sulit diangkat maupun diaduk. Akibatnya, makanan pun mudah gosong dan hancur.

Maka dari itu, banyak orang yang memilih untuk membeli wajan atau penggorengan anti lengket. Sehingga, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai jenis masakan tanpa takut makanannya menempel atau hancur.

Meski mudah menemukan wajan anti lengket, namun terkadang harganya cukup tinggi atau kondisinya yang tidak sesuai kebutuhan. Akhirnya, kamu pun membeli wajan biasa.

Tapi kini, terdapat teknik yang bisa membuat wajan menjadi anti lengket. Teknik yang dilakukan sebelum memasak itu disebut ‘seasoning’. Setelah melakukan teknik tersebut, wajan akan terasa lebih licin dan bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan.

Untuk melakukan teknik tersebut, kamu bisa mengikuti tutorial dari Food Influencer @ulsokitchen. Tidak hanya memperlihatkan caranya, pemilik akun juga memberikan berbagai tips dan peringatan tambahan agar kamu bisa melakukan teknik tersebut lebih aman serta efektif.

Pertama-tama, kamu harus ekstra hati-hati ketika ingin melakukan teknik tersebut. Gunakanlah sarung di tangan kiri dan kanan. Siapkan juga penjepit panci untuk mengurangi risiko terluka.

Lalu, siapkan juga lap dapur atau tisu dapur yang sangat tebal dan minyak sayur. Setelah itu, taruh penggorengan di atas kompor. Nyalakan api dan percikkan air pada wajan. Tunggu hingga airnya menguap.

© Instagram @ulsokitchen

Foto: Instagram @ulsokitchen

Selanjutnya, gunakan lap dapur atau tisu dapur yang sangat tebal untuk diteteskan minyak sayur. Oleskan tisu dapur atau lap dapur yang telah dibasahkan minyak sayur pada permukaan wajan.

© Instagram @ulsokitchen

Foto: Instagram @ulsokitchen

Pemakaian lap dapur lebih disarankan untuk melakukan teknik ini. Pasalnya, tisu dapur bisa menyebabkan permukaan wajan cepat terbakar saat dioles minyak sayur.

Ulang proses yang sama untuk memastikan wajan benar-benar licin. Pemilik akun sendiri mengulang teknik tersebut hingga 6 kali hingga wajan berubah warna menjadi kehitaman. Kondisi wajan berwarna kehitaman menandakan bahwa penggorengan sudah bersifat anti lengket.

© Instagram @ulsokitchen

Foto: Instagram @ulsokitchen

Berdasarkan pengalaman pemilik akun, lapisan anti lengket yang berwarna kehitaman bisa digunakan hingga 4-5 kali masak. Sehingga, kamu bisa menghemat minyak dan membuat proses memasak lebih mudah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”