Tutup Journalist Games Road to Haornas 2022, Menpora Sampaikan Harapan

ulinulin.com – Event Journalist Games Road to Haornas 2022 rampung pada Jumat (2/9/2022). Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali secara resmi menutup ajang yang diikuti oleh ratusan jurnalis dan pekerja media dari berbagai Kelompok Kerja (Pokja) wartawan itu.

Menpora Amali menyebut event yang mempertandingkan tiga cabang olahraga itu sangat bagus.

Terlebih digelar menjelang peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Journalist Games Road to Haornas digelar dalam rangka menyongsong Haornas ke-39 yang puncaknya di Stadion Batakan. Saya berterimakasih pada teman-teman jurnalis yang berpartisipasi ikut memeriahkan Haornas,” kata Menpora Amali dalam rilis kepada Kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

“Ajang ini bagus, agar teman-teman juga tidak terlalu stres dengan pekerjaan di kantor. Dan, lewat ajang ini jurnalis bisa membaur, tidak hanya dari kalangan jurnalis olahraga, tapi juga dari pokja lain, seperti politik, ekonomi, budaya sehingga bisa semakin kompak dan produktif bagi kantornya masing-masing,” lanjut Menpora.

Menpora Amali mengaku paham betul bahwa kerja rekan-rekan jurnalis, terutama yang dikejar-kejar deadline, tentu memunculkan stres.

Menurut Menpora, kebugaran fisik sangat penting, sehingga produktivitas teman-teman jurnalis juga akan baik.

Ia bahkan mendorong agar event ini bisa digelar secara rutin.

“Setelah melihat semangat teman-teman jurnalis, tolong dipikirkan bagaimana membuat kegiatan ini menjadi rutin. Atau, jika memungkinkan bisa dibuat menjadi kompetisi, tidak hanya sebatas turnamen. Untuk dikompetisikan, tiga cabang ini (basket, bulutangkis, futsal) sudah bagus. Tapi, untuk rutin tahunan Road to Haornas bisa ditambah cabor tenis meja,” lanjut Menpora Amali.

Turut hadir pada acara penutupan Journalist Games Road to Haornas 2022, Plt Seskemenpora Jonni Mardizal, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Chandra Bhakti, dan Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari.

Menurut Atal, rencana untuk membuat Journalist Games Road to Haornas 2022 menjadi ajang rutin tahunan perlu didukung.

“Ini forum yang bisa mempertemukan berbagai Pokja wartawan. Karenanya perlu didukung. Selain bisa menyehatkan, juga bisa melahirkan juara,” kata Atal.

Senada dengan Atal, Ketua Panitia Journalist Games Road to Haornas 2022, Hermansyah, menyambut baik keinginan Menpora Amali untuk menggelar event ini secara rutin.

“Kami sangat senang dengan adanya sokongan dari Menpora untuk menggelar ajang ini secara rutin setiap tahun. Semoga teman-teman jurnalis juga kian bersemangat untuk terus berolahraga,” kata Hermansyah.

Journalist Games Road to Haornas 2022 mempertandingan tiga cabang, yang diikuti oleh 12 Pokja wartawan.

Untuk cabang futsal, Pokja Jaksel FC menyabet gelar juara. Sementara peringkat kedua ditempati PSSI Pers dan Balaikota FC bercokol di peringkat ketiga.

Di cabang bulutangkis, gelar juara diboyong pasangan Herwan Pebriansyah/Riyndy Aristyo (Kemenpora pers), peringkat kedua Fitrianto ‘Fetruk/Philif (Kemenpora Pers), peringkat ketiga Dede Hermawan/Iman Rahman Cahyadi (Pokja Politik), dan peringkat empat Bagas Abdiel/Andhika Khoirul (Pokja Ekonomi).

Untuk cabang basket basket 3 on 3, tim Jusraga menyabet gelar juara. Peringkat dua ditempati Akuatik Pers dan peringkat ketiga Kemenpora I. Sementara predikat MVP diraih Erlangga Wisnu Aji (Jusraga/CNN TV).