Uang Logam Rp 500 Melati Jadi Buruan! Segini Harga Jualnya

ulinulin.com – Belakangan ini banyak orang mulai tertarik untuk ikut mengoleksi uang kuno atau uang lama. Karenanya tidak heran bila uang kuno atau uang lama ini semakin banyak diburu, terutama para kolektor atau calon pengantin untuk mahar.

Meskipun sudah tidak lagi bisa digunakan untuk transaksi, sejumlah uang kuno masih diminati oleh para kolektor. Adapun harga jualnya bervariasi, tergantung kelangkaan dan jenis dari koin itu sendiri.

Salah satu jenis uang lama yang dijual dengan harga lebih tinggi dari nominal aslinya ialah uang logam kuning pecahan Rp 500 bergambar melati tahun emisi 2000.

Berdasarkan pengamatan detikcom dari salah satu toko online Tokopedia, diketahui bahwa uang kuno tersebut saat ini dijual dengan harga Rp 10.000 per koin.

“Uang Kuno Koin (Melati). Negara: Indonesia. Nominal: 500 Rupiah. Tahun: 2000. Ukuran Diameter Koin: 24 mm” tulis salah satu toko di Tokopedia, dikutip Selasa (2/11/2022).

Dilihat di toko online Tokopedia yang sama, uang logam Rp 500 bergambar melati ini tengah dijual dengan kondisi masih baru. Toko yang berlokasi di Kab. Tangerang tersebut telah berhasil menjual 27 keping koin.

Sementara itu, selain di Tokopedia seperti Shopee dan Bukalapak, juga banyak ditemukan uang koin kuno Rp 500 bergambar Melati tersebut dijual dengan harga beragam mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 500.000 per keping koinnya.

Tonton juga Video: Polda Lampung Bongkar Jaringan Uang Palsu Berjumlah 13.524 Lembar