Unboxing dan Menjajal HP Oppo Reno 8 Z 5G Harga Rp 6 Juta

ulinulin.com – Oppo Reno 8 Z 5G merupakan salah satu ponsel terbaru Oppo yang dipasarkan di Indonesia. Ponsel ini merupakan suksesor dari Oppo Reno 7 Z 5G yang diluncurkan lebih dulu di Indonesia sekitar Maret lalu.

Sebagai penerus, Oppo Reno 8 Z 5G dibekali dengan beberapa peningkatan, salah satunya adalah desain punggungnya yang sedikit lebih mewah.

Di Indonesia, ponsel ini dijual dengan harga Rp 6 juta, sama dengan harga Oppo Reno 7 Z 5G pada saat pertama kali meluncur di Tanah Air.

Dengan harga demikian, apa saja yang akan didapat konsumen ketika membeli ponsel ini? KompasTekno langsung membuka kotak kemasan (unboxing) Oppo Reno 8 Z 5G untuk menemukan jawabannya.

Isi dalam kotak penjualan

Desain kotak penjualan Oppo Reno 8 Z 5G masih sama dengan seluruh model Oppo Reno 7 Series dan Oppo Reno 8 Series. Artinya, konsumen bakal disuguhkan dengan boks HP berwarna hijau toska yang dihiasi dengan tipe ponselnya.

Di dalam kotak kemasan, selain unit Oppo Reno 8 Z 5G,konsumen bakal mendapatkan adapter charger 33 watt, kabel data USB-A ke USB-C, SIM ejector, softcase, dan serta buku petunjuk penggunaan perangkat.

Artinya, konsumen tidak akan mendapatkan aksesori berupa earphone di dalam kotak penjualan, terlepas dari kehadiran audio jack 3,5 mm di Oppo Reno 8 Z 5G.

Lubang itu terletak di bingkai bagian bawah perangkat, bersama dengan lubang mikrofon, konektor USB-C, serta lubang speaker. Selain di bagian bawah, lubang mikrofon juga terdapat di bingkai bagian atas perangkat.

Beralih ke sisi lain, bingkai bagian kanan Oppo Reno 8 Z 5G dihiasi dengan tombol power, sedangkan bingkai bagian kirinya terdapat tombol volume dan laci kartu SIM.

Laci kartu SIM ini berjenis hybrid (1 kartu SIM + microSD atau 2 kartu SIM) dan bisa ditarik keluar dengan cara mencolokkan SIM ejector ke lubang di sebelahnya.

Mirip Oppo Reno 7 Z 5G

Secara desain, terutama jika dilihat dari bagian depan, tampilan Oppo Reno 8 Z 5G identik dengan Oppo Reno 7 Z 5G.

Wajar saja lantaran kedua ponsel ini kompak mengadopsi panel AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 60 Hz, rasio layar 20:9, dan tingkat kecerahan (brightness) mencapai 600 nits.

Artinya, layar pada kedua ponsel Oppo tersebut, yang dihiasi dengan lubang punch hole yang memuat kamera selfie 16 MP, sama-sama lega dan terlihat enak dipandang untuk menikmati beragam konten.

Meski tingkat kecerahannya hanya 600 nits, layar ponsel juga tergolong masih cukup nyaman dipakai di bawah terik sinar matahari.

Namun apabila warna yang ditampilkan terlampau gelap, konten yang ada di dalam layar tidak akan begitu terlihat, kecuali kita memandang layar dari beberapa sudut tertentu.

Kendati bagian depan sama persis, bagian belakang Oppo Reno 8 Z 5G sangat berbeda dengan Oppo Reno 7 Z 5G.

Bahasa desainnya sebenarnya masih sama-sama mengusung Oppo Glow, namun tampilan punggung Oppo Reno 8 Z 5G sedikit lebih mewah. Sebab, modul kamera ponsel tersebut kini rata dengan permukaan punggung dan dibuat mengilap.

Selain itu, tiga kamera belakang ponsel ini, yang masing-masing beresolusi 64 MP, 2 MP (macro), dan 2 MP (depth sensor), beserta LED flash kini seakan ditanamkan begitu saja di cangkang ponsel, tanpa dimuat dalam sebuah modul persegi.

Masih soal cangkang, Oppo Reno 8 Z 5G hadir dengan dua varian warna yaitu Dawnlight Gold dan Starlight Black.

Varian warna yang kami pegang adalah Dawnlight Gold, di mana cangkang perangkat memiliki perpaduan warna emas, hijau, biru, kuning. Warna-warna ini bakal mengilau dan berubah jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Lebih berat dari Oppo Reno 7 Z 5G

Dari segi pengalaman menggenggam, Oppo Reno 8 Z 5G sedikit lebih berat dan lebih tebal dibanding Oppo Reno 7 Z 5G.

Di atas kertas, Oppo Reno 8 Z 5G memiliki dimensi 159,9 x 73,2 x 7,7 mm dengan bobot 181 gram, sedangkan Oppo Reno 7 Z 5G memiliki dimensi 159,9 x 73,2 x 7,5 mm dengan bobot 173 gram.

Kendati demikian ponsel ini masih nyaman digenggam, lantaran keempat sisi bingkainya yang rata (flat), alih-alih melengkung (curved).

Kemudian, bagian cangkang juga tidak terlalu licin berkat desain Oppo Glow tadi, dan ramah dengan bekas sidik jari. Dengan kata lain, punggung ponsel akan tetap bersih meski pengguna tidak memakai softcase.

Beralih ke sektor spesifikasi, Oppo Reno 8 Z 5G ditenagai dengan chipset Snapdragon 695 5G yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 256 GB.

Untuk aspek daya, ponsel ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat SuperVOOC 33W.

Nah, penasaran bagaimana isi kotak dan desain Oppo Reno 8 Z 5G dari seluruh sisi? Simak foto-fotonya di dalam galeri berikut ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”