Update Besar Windows 11 Sudah Bisa Diunduh di Indonesia, Ini Fitur Barunya

ulinulin.com – Pada akhir 20 September, Microsoft mulai menggulirkan pembaruan (update) besar Windows 11, yakni update versi 22H2.

Setelah penantian dua minggu, update Windows 11 22H2 akhirnya muncul dan bisa di-download oleh pengguna Windows 11 di Indonesia mulai hari ini, Rabu (5/10/2022), berdasarkan pantauan KompasTekno.

Untuk mengetahui apakah pembaruan ini sudah tersedia atau belum, pengguna bisa mengecek lebih dulu dengan cara membuka menu “Start” > “Settings” > “Windows Update” > “Check for updates”.

Bila update sudah tersedia, pengguna bakal melihat informasi “Windows 11 version 22H2 is available” lengkap dengan opsi untuk download dan instal pembaruan tersebut.

Pengguna bisa mengeklik tautan “See what’s in this update” untuk melihat fitur-fitur baru yang dibawa dalam pembaruan Windows 11 22H2.

Pengguna hanya perlu mengeklik, “download dan install” untuk mengunduh dan memasang update Windows 11 22H2. Tunggu proses download dan instal selesai, selanjutnya pengguna bakal diminta untuk me-restart laptopnya.

Namun, bila update belum tersedia, pengguna mesti bersabar karena biasanya update software digulirkan secara bertahap.

Versi 22H2 adalah pembaruan besar untuk Windows 11 pada periode semester kedua di tahun 2022. Tak hanya itu, update Windows 11 versi 22H2 ini juga merupakan update pertama yang dirilis Microsoft sejak Windows 11 resmi digulirkan pada Oktober 2021.

Lihat FotoTangkapan layar update Windows 11 versi 2H2022 sudah bisa di-download di Indonesia, Rabu (5/10/2022).(/ Galuh Putri Riyanto)Fitur baru update Windows 11 2H22

Dalam laman Support Microsoft, setidaknya ada 8 fitur baru yang dibawa update Windows 11 versi 22H2 kali ini. Berikut daftarnya:

1. Folder di menu Start

Pengguna kini bisa mengelompokkan aplikasi favorit yang disematkan (pin) di menu Start sesuai kategorinya. Hal ini dimungkinkan karena adanya fitur “folder” di menu Start.

Pengguna hanya perlu menyeret aplikasi satu bergabung dengan aplikasi lain yang diinginkan. Nantinya, aplikasi bakal membentuk satu folder baru. Pengguna bisa menamai folder sesuai keinginannya.

2. Folder “Favourites” di File Explorer

Pengguna bisa mengelompokkan file-file penting ke folder berbintang alias “Favourites” di File Explorer. Caranya, klik kanan pada file yang diinginkan > pilih opsi “Add to Favourites”.

Nantinya, seluruh file yang difavoritkan bakal dikelompokkan di folder “Favourites” yang muncul di Home File Explorer dan Office.com.

3. Emoji yang dipersonalisasi

Update Windows 11 2H2022 memungkinkan pengguna untuk memodifikasi gender, jumlah keluarga, dan warna kulit pada emoji, khususnya emoji keluarga.

Pengguna perlu menekan kombisasi tombol Windows + titik (.) untuk membukan panel emoji. Cari emoji family atau keluarga, lalu klik “+” untuk memodifikasi emoji.

Lihat FotoFitur emoji yang dapat dimodifikasi.(/ Galuh Putri Riyanto)4. Mengetik dengan suara

Pembaruan ini membawa fitur voice access yang memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan cara didikte menggunakan suara.

Untuk mengaktifkan fitur , pilih “Start” > “Settings” > “Accessibility” > “Speech” > “Voice access”.

5. Live Captions untuk seluruh konten dengan audio

Microsoft mengatakan bahwa pengguna juga bakal bisa mengaktifkan fitur Live Captions untuk setiap konten dengan audio ketika memutarnya di PC.

Dengan Live Captions, pengguna bisa melihat closed captions atau takarir tertutup berisi teks informasi tambahan atau interpretatif dari audio yang diputar.

Cara mengaktifkan Live Captions di Windows 11 adalah buka “Start” > “Settings” > “Accessibility” > “Captions”. Atau bila ingin lebih cepat, pengguna bisa mengaktifkan Live Captions dengan menekan kombinasi tombol Windows + Ctrl + L/

Saat ini, Live Captions baru tersedia dalam bahasa Inggris saja.

6. Layout dan gestur baru untuk Start

Pengguna juga bisa mempersonalisasi layout atau tata letak menu “Start”. Kini, Microsoft menyediakan tiga opsi layout Start.

Opsi pertama ada layout “more pins” yang memungkinkan pengguna menyematkan aplikasi lebih banyak di menu Start.

Opsi kedua layout Default yang memungkinkan pengguna melihat aplikasi yang disematkan dan direkomendasikan di menu Start.

Opsi ketiga ada layout “more recommendations” yang memungkinkan pengguna melihat file yang direkomendasikan dibanding aplikasi yang disematkan di menu Start.

7. Buka game dengan satu klik

Dengan pembaruan Windows 11 versi 2H22, pengguna konsol game Xbox juga bisa membuka game dengan satu klik ketika sedang bermain game di PC.

Caranya klik tombol “Nexus” di stick Xbox, nantinya akan muncul bila pengontrol (controller bar). Di sana pengguna bakal melihat riwayat tiga game terbaru yang baru saja dimainkan.

Pengguna bisa mengeklik salah satu game tersebut untuk kembali memainkannya.

Berdasarkan klaim Microsoft, pembaruan tampilan tersebut juga akan meningkatkan kinerja dan performa game saat dimainkan, yaitu dengan membuka Auto HDR dan Variable Refresh. Agar tampilan tersebut bisa lebih mulus dan memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Adapun pengguna juga dapat melihat tampilan baru dari peramban Microsoft Edge yang lebih dipersonifikasi, akses yang lebih mudah ke Xbox Cloud Gaming, dan riwayat permainan yang baru saja dimainkan.

Windows 11 juga menambah fitur bawaan lainnya untuk meningkatkan grafis yang lebih tajam di dalam game. Fitur tersebut bernama “Clarity Boost”.

8. Aktifkan Mode “Do Not Disturb” otomatis

Pengguna juga bisa mengatur mode jangan ganggu alias Do Not Disturb (DND) aktif secara otomatis ketika pengguna terdeteksi dengan melakukan sharing screen, bermain game, dan lainnya.

Caranya, pengguna perlu membuka “Start” > “Settings” > “System” > “Notifications” > geser toggle “Do not disturb” ke arah on.

Fitur baru lainnya di Windows 11 versi 2H22

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, pembaruan Windows 11 versi 22H2 juga membawa fitur baru juga meliputi video call, kemanan, aksesibilitas, dan tampilan snap layout.

Video call lebih mudah

Fitur tersebut dapat digunakan untuk meredam atau mengurangi suara/kebisingan dari lingkungan sekitar, memburamkan latar belakang video, fitur Eye Contact (membuat pengguna agar selalu melihat kamera), serta Automatic Framing (menyesuaikan bingkai kamera sesuai dengan gerakan pengguna).

Update dari Windows 11 juga akan menambahkan aplikasi edit video bawaan yang bernama “ClipChamp”.

Fitur keamanan ditingkatkan

Microsoft menjelaskan bahwa Windows 11 dibekali fitur “Smart Control App” sehingga membuat pengguna bisa merasa lebih aman saat mengunduh aplikasi di Windows Store.

Sebab, fitur tersebut akan memblokir aplikasi yang dinilai berbahaya atau berpotensi menyerang sistem komputer/perangkat pengguna.

Lalu, ada Microsoft Defender SmartScreen yang dapat mengidentifikasi dan mengirim notifikasi ketika pengguna memasukan kata sandi ke aplikasi atau situs yang dinilai berbahaya.

Update ini telah terintegrasi dan dilindungi oleh Hypervisor (HVCI) serta aplikasi bawaan Microsoft (khusus Windows 11 baru) untuk memblokir aplikasi-aplikasi yang rentan.

Tampilan snap layout lebih mulus

Nah, update dari fitur Snap Layouts kali ini memiliki tampilan dan navigasi sentuh (touch navigation) yang lebih mulus dan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Dikarenakan pengguna dapat mengambil beberapa tab browser di Microsoft Edge. Berikut adalah contoh gambarnya.

Selain Snap Layout, fitur lainnya juga hadir untuk meminimalisasikan distraksi pengguna saat bekerja. Misalnya, mode Focus dan Do Not Disturb.

Jadi, ketika pengguna mengaktifkan mode Focus, sistem akan secara otomatis membisukan dan mematikan notifikasi pesan yang masuk. Sehingga membuat pengguna bisa bekerja dan istirahat lebih maksimal, tanpa ada gangguan.

Fitur aksesibilitas

Fitur text-to-speech (menulis teks melalui rekaman suara) juga mengalami peningkatan. Sebelumnya, saat fitur tersebut dinyalakan, teks akan langsung muncul di atas layar atau di bawah kamera secara default.

Kini, pengguna dapat memindahkan lokasi teks tersebut ke bagian bawah layar atau dipindahkan ke jendela lain secara terpisah (floating windows).

Selain merekam suara dari mirkofon, teks tersebut juga dapat menyalin percakapan secara langsung.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”