VIDEO: Hyundai Kona Electric 2021, Mobil Listrik Paling Ideal di Indonesia

ulinulin.com – JAKARTA – Pasar kendaraan listrik di Indonesia semakin berkembang dalam waktu sekitar dua tahun belakangan ini. Sudah cukup beragam pilihan produk mobil elektrifikasi, baik hybrid maupun listrik murni yang bisa dimiliki oleh konsumen Tanah Air saat ini. Hyundai menjadi pabrikan yang bisa dibilang paling progresif pergerakannya di segmen kendaraan bertenaga listrik ini.

Pada tahun 2020, Hyundai Motors Indonesia (HMID) langsung merilis dua model full electric sekaligus ke pasar Indonesia, yaitu Ioniq dan Kona. Keduanya langsung menjadi mobil elektrik murni dengan banderol paling terjangkau di pasaran. Kehadiran produk ini kemudian disusul oleh pabrik yang akan memproduksi langsung mobil listrik Hyundai secara lokal.

Di antara kedua model, Hyundai Kona Electric menjadi model yang sepertinya lebih diminati oleh konsumen sejauh ini. Terlihat dari eksistensinya di jalan raya seperti Jakarta, yang sudah cukup banyak beredar secara signifikan. Padahal, Indonesia lebih dulu disapa oleh Ioniq yang datang pada awal 2020, meski tidak secara langsung dijual untuk retail.

Tidak heran dengan kondisi tersebut, karena mengingat memang segmen SUV/crossover lebih cepat berkembang beberapa tahun belakangan. Apalagi, tidak lama setelah peluncuran resminya, Kona Electric langsung mendapatkan facelift di Indonesia pada awal tahun 2021 ini. Ada berbagai peningkatan dan penyegaran yang Hyundai terapkan pada Kona yang debut di Indonesia pada 2019 lalu melalui versi mesin bensin.

Kona Electric edisi 2021 mengalami perubahan tampilan yang semakin mencirikan kendaraan listrik di bagian luarnya. Tampilannya menjadi lebih minimalis dan modern, dengan aksen gaya yang berorientasi futuristis. Perubahan tampilan ini cukup membuat perbedaan jelas antara pemilik Kona Electric versi awal dan versi baru.

Karena bukan berganti generasi, maka nuansa interior mobil ini masih sebagian besar sama seperti versi awal. Namun pabrikan asal Korea Selatan ini menyematkan sejumlah fitur baru pada Kona, khususnya untuk ADAS (advance driving assist system). Tentunya Kona Electric 2021 tidak hanya menjadi tampil lebih bergaya, tapi juga menawarkan kecanggihan yang mungkin masih jarang dimiliki mobil listrik lainnya di pasar.

Secara performa bisa dibilang tidak ada perubahan yang terjadi pada sistem motor listrik Kona Electric, yang menawarkan kombinasi tenaga 134 hp dan torsi 395 Nm. Baterainya yang berkapasitas 39,2 kW juga mendukung mobilitas yang praktis untuk urban driving. Apalagi dengan sudah semakin banyaknya fasilitas charging station atau SPKLU di kota-kota besar, memudahkan akses kebutuhan energi para pengguna mobil listrik.

Bisa kami bilang kalau Kona Electric adalah pilihan mobil listrik yang ideal dan terbaik untuk pasar Indonesia saat ini. Apalagi mengingat harga jualnya juga termasuk yang paling terjangkau. Untuk lebih mengatahuinya, simak saja langsung hasil ulasan yang sudah tayang videonya di youtube.WAHYU HARIANTONO

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”