Viral! Mahasiswa UKI Toraja Berhasil Raih Sarjana Usai Teliti Hubungan One Piece dengan Gereja

ulinulin.com – Lokal – Mahasiswa UKI (Universitas Kristen Toraja) bernama Faldy Ekal Tappe viral di media sosial setelah penelitiannya menuai pujian dari berbagai kalangan pecinta anime.

Sebab, ia meneliti hubungan Gereja Kristen dengan anime One Piece. Karena penelitiannya ini, ia berhasil meraih sarjana Teologi. Seperti apa ceritanya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Teliti Hubungan Gereja Kristen dengan One Piece

Media sosial dihebohkan dengan kabar penelitian Mahasiswa UKI Teologi yang meneliti tentang hubungan Gereja Kristen dengan anime One Piece.

Ia menghubungan relasi para kru bajak laut Topi Jerami dengan identitas Gereja Kristen berdasarkan pemikiran John D. Zizioulas dalam The One and The Many.

Butuh waktu kurang lebih enam bulan hingga akhirnya penelitiannya berhasil dibuat.

“Awalnya susah karena harus bicara soal metodologi, saya mau yang berbeda. Jadi karena suka film One Piece, jadi saya pikir ini menarik,” katanya, dikutip dari YouTube Tribun Gorontalo.

Lebih lanjut Fadly kemudian memberikan penelitiannya dengan judul ‘Eklesiologi Trinitaris One Piece: Telaah Terhadap Relasi Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dalam Anime One Piece berdasarkan Pemikiran John D. Zizioulas dalam “The One” dan “The Many”’. Beberapa kali skripsinya ini diragukan oleh dosen, namun Fadly tetap meyakinkan pembimbingnya.

“Pro dan kontra sempat ada. Tapi kita juga harus bertahan dengan teori dan metodologi dari judul. Sehingga tidak ada alasan bagi dosen pembimbing untuk tidak terima,” jelasnya.

Fadly menjelaskan anime One Piece memiliki karakter yang berbeda dari kalangan dan ras yang berbeda pula. Namun karena satu misi dan visi, mereka semua bersatu menjadi satu kelompok utuh dan mencapai mimpi bersama-sama.

Sama halnya dengan gereja, gereja tak berdiri dengan sendirinya tetapi selalu ada dengan relasi dan komunitas lainnya.

“Cara seperti itu harusnya diterapkan di gereja. Bagaimana untuk mengarungi lautan dengan kasih walau banyak perbedaan,” jelas Fadly.

Terinspirasi dari Mahasiswa Teologi buat Batman

Ternyata penelitian Fadly itu terinspirasi dari mahasiswa seniornya yang lebih dahulu meneliti tokoh fiksi. Bedanya, mahasiswa seniornya itu meneliti tentang Batman.

Dalam satu kesempatan, mahasiswa senior itu mengucapkan perasaan tersanjungnya dengan Fadly.

“Gue terharu banget skripsi gue bisa jadi inspirasi buat orang lain, intinya terima kasih sudah terinspirasi, dan buat kalian yang mikir Teologi hanya belajar dari Alkitab saja, ngga genk,” kata mahasiswa tersebut dikutip dari TikTok Lapak Korea, kepada penelitian Mahasiswa UKI tentang One Piece dan Gereja. (jra)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website intipseleb.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”