Waduh, Terlalu Lama Gunakan Parking Brake Bisa Bikin Rem Jebol!

ulinulin.com

Parking brake alias rem parkir memang digunakan saat mobil sedang diparkir. Hal ini untuk menghindari mobil mundur atau maju dengan sendirinya walau pun mesin tidak diaktifkan. Biasanya ini terjadi jika mobil diparkir di jalan menanjak atau menurun.

Sebenarnya cara kerja parking brake cukup sederhana. Saat tuas diaktifkan, maka rem belakang akan mengunci sehingga mobil akan terdiam pada posisinya. Namun masalah akan muncul manakala terlalu lama gunakan parking brake.

1. Pada Rem Tromol

Hati-hati untuk mobil yang masih pakai rem belakang tromol

Masalah rem jebol karena terlalu lama gunakan parking brake akan terjadi apabila rem belakang mobil Anda masih memakai sistem tromol. Hal ini karena rem tromol memiliki bidang kontak yang lebih panjang dibanding rem cakram.

Saat menggunakan rem parkir, maka rem akan menempel pada bidang yang lebih kuat. Dan jika kondisi ini didiamkan terlalu lama, maka rem akan menempel sangat erat. Jika kemudian rem dilepas, maka tromol beresiko ikut terlepas juga karena menempel dengan rem.

2. Solusinya

Jangan paksa release rem parkir jika terasa rem menempel

Jika hal itu terjadi, maka sebaiknya ketika akan melepas rem parkir, tahan dulu tuas rem, kemudian turunkan atau release dengan cepat. Bila rem juga masih terasa menempel, jangan paksa mobil maju. Ulangi lagi sampai rem benar-benar lepas.

Jika terlalu lama gunakan parking brake dan membuat rem sudah seperti menyatu dengan tromol, maka solusinya adalah membongkar ban belakang. Kemudian lepaskanlah rem tersebut secara manual, lalu ganti kampas rem belakang mobil Anda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”