Waduh, Tidak Hujan Tapi Ada Air Menetes di Kabin Mobil?!

ulinulin.com

Pernahkah Anda mengalami ada air menetes di kabin mobil? Padahal saat itu Anda sedang berkendara di cuaca panas terik. Lalu dari manakah sumber air yang menetes tersebut?

Paling sering, air yang menetes ini lokasinya ada di balik dasbor mobil atau dekat lipatan pintu depan. Air akan menetes saat Anda menghidupkan AC mobil. Walaupun kondisi di luar mobil tidak hujan.

1. Evaporator Kotor

Evaporator yang terlalu kotor bisa menyumbat saluran AC

Penyebab dari air menetes di kabin mobil adalah dari bagian AC mobil. Pada sistem AC mobil, evaporator dan kompresor bertugas menghasilkan uap dingin yang kemudian akan disalurkan ke seluruh kabin melalui kisi-kisi AC. Saat evaporator bekerja maka komponen ini akan berembun. Embun-embun ini kemudian berubah menjadi air dan dialirkan ke saluran pembuangan yang biasanya ada di bagian bawah mobil.

Namun kalau evaporator AC mobil kotor, maka akan menyumbat saluran pembuangan. Akibatnya air dari hasil pengembunan tersebut akan tertampung di evaporator secara berlebihan. Jika sudah terlalu banyak, maka air akan masuk ke kabin mobil dan menetes ke kaki Anda.

2. Filter Kabin Kotor

Kotoran dari filter juga bisa menyumbat saluran AC

Selain evaporator yang kotor, air menetes di kabin mobil juga bisa disebabkan oleh filter kabin yang kotor. Apabila filter sudah sangat kotor kondisinya, maka hal ini juga akan membuat sistem kerja AC tersumbat.

Hal paling sering yang menyebabkan tersumbat dari filter AC adalah masuknya kotoran dalam ukuran cukup besar atau daun-daun kering. Kotoran ini terhisap oleh blower lalu menutup saluran pembuangan AC. Sehingga timbul air menetes di kabin mobil.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”