Wajib Tahu, Ini 5 Kebiasaan Tidak Sehat di Kantor yang Harus Kamu Hindari

ulinulin.com – Apakah kamu sadar kalau selama bekerja di kantor, ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang sering kamu lakukan?

Saat di kantor memang kamu akan berusaha keras untuk fokus dalam menyelesaikan tugas. Jadi, tidak akan terasa sedang melakukan kebiasaan yang sebenarnya tidak sehat.

Padahal jika kebiasaan tersebut dilakukan terus-menerus maka akan berpengaruh pada kesehatan fisik bahkan mental kita, lho.

Penasaran apa saja sebenarnya kebiasaan tidak sehat di kantor yang bisa merugikan kesehatan?

Berikut ini rangkuman yang sudah Glints persiapkan untukmu.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk di Kantor yang Harus Kamu Hilangkan

1. Terlalu lama duduk

© Freepik.com

Jika pekerjaanmu mengharuskan untuk duduk seharian, tentu saja hal yang satu ini akan menjadi suatu kebiasaan yang sulit untuk diubah.

Padahal, duduk terlalu lama sangat tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental kita, lho.

Menurut Inc, rata-rata orang duduk selama 9,3 jam per hari dan hal itu lebih lama dibandingkan waktu tidur yang hanya memiliki rata-rata selama 7,7 jam per hari.

Kebiasaan yang satu ini sangatlah tidak sehat karena selama 1 jam duduk, maka produk enzim yang bertugas untuk membakar lemak akan berkurang hingga 90%.

Itulah mengapa seseorang yang terlalu lama duduk lebih cenderung memiliki banyak lemak menumpuk di suatu tempat seperti perut.

Terlalu lama duduk juga bisa menimbulkan beragam penyakit mulai dari sakit punggung, obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

2. Menyentuh wajah dengan tangan

© Freepik.com

Kebiasaan tidak sehat yang satu ini sebenarnya tidak hanya sering kita lakukan saat di kantor saja.

Pasalnya, kebiasaan menyentuh wajah tentu sering kita lakukan di mana pun dan kapan pun, bukan?

Bahkan, saat sudah merasa suntuk karena pekerjaan maka tanpa sadar kita akan sering menopang wajah dengan tangan.

Posisi yang satu ini memang sangat nyaman apalagi saat kepala terasa berat.

Namun, ternyata kebiasaan yang satu ini sangatlah tidak baik karena tanganmu akan langsung bersentuhan dengan kulit wajah.

Dilansir dari Huffpost, kebiasaan menyentuh kulit wajah akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya karena bakteri yang ada di tangan.

Memang saat sedang bekerja, tidak bisa menjamin bahwa tangan akan selalu dalam keadaan bersih.

Hal itu disebabkan tangan kita sudah menyentuh permukaan komputer atau meja yang belum tentu bersih dari segala jenis bakteri.

Baca Juga:Pahami Pentingnya Makan Sehat dan Hubungannya dengan Produktivitas Kerja

3. Makan siang sendirian di meja

© Freepik.com

Pernahkah kamu merasa malas untuk pergi meninggalkan meja sehingga memilih untuk makan siang sendirian di meja?

Ternyata hal itu menjadi salah satu kebiasaan tidak sehat di kantor yang berpengaruh bagi kesehatan fisik dan mental.

Entrepreneur menjelaskan bahwa makan siang sendirian di meja kerja dapat menyebabkan gangguan imun hingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Itulah mengapa saat waktunya makan siang sebaiknya kamu gunakan kesempatan tersebut untuk meninggalkan meja kerja dan menggerakkan tubuh.

Selain itu, cobalah untuk makan siang bersama rekan kerja agar tidak merasa kesepian dan jenuh. Waktu makan siang bisa menjadi saat yang tepat untuk ngobrol santai dan bercanda dengan rekan kerja.

Saat kamu membawa bekal makan siang, sebaiknya cari tempat makan yang nyaman dan jangan hanya duduk di meja kerja saja, ya!

4. Terlalu banyak ngemil

© Freepik.com

Siapa yang memiliki kebiasaan ngemil saat bekerja? Tahukah kamu bahwa kebiasaan yang satu ini juga meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit?

Cara seseorang untuk fokus bekerja memang bermacam-macam. Ada yang bisa fokus dengan mendengarkan musik atau malah dengan makan camilan.

Sebenarnya menikmati makanan camilan saat bekerja memang cukup baik untuk menjaga fokus atau menghindari kantuk.

Sayangnya tidak semua orang mau mengonsumsi camilan yang sehat dan memilih camilan yang tinggi kadar gula atau garamnya.

Dalam studi yang diterbitkan oleh Journal of Consumer Research diketahui bahwa karyawan yang memilih camilan tidak sehat seperti kue dari cokelat akan lebih sulit melakukan hafalan yang rumit daripada karyawan yang memilih camilan sehat berupa buah.

Jadi, saat kamu memilih makanan yang kurang sehat maka bisa menurunkan fokus dan bahkan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti sakit perut atau obesitas.

5. Membawa smartphone ke kamar mandi

© Freepik.com

Kebiasaan tidak sehat di kantor yang satu ini tentunya pernah kamu lakukan, bukan?

Menggunakan smartphone saat sedang buang air di toilet memang bisa menjadi salah satu cara untuk refreshing dari pekerjaan.

Sayangnya, hal yang satu ini sangatlah tidak dianjurkan karena kamar mandi adalah sarang bakteri yang bisa berpindah dengan mudah ke smartphone.

Padahal smartphone tersebut akan terus kamu pegang seharian, bisa dibayangkan seperti apa bakteri dan kuman yang ditransfer ke tanganmu, kan?

Belum lagi kamu sering memegang wajah, mata, atau makan camilan tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Pastinya bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh dengan mudah.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari membawa smartphone ke kamar mandi. Jika memang terpaksa, segera bersihkan smartphone dengan tisu disinfektan yang aman untuk permukaan layar.

Baca Juga: Jangan Sambil Kerja! Ini 6 Alasan Kamu Harus Fokus Makan Siang di Kantor

Demikianlah 5 kebiasaan tidak sehat di kantor yang berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh.

Memang terdengar sepele, tapi kebiasaan tersebut harus dihindari.

Ingin mendapatkan berbagai informasi dan tips menarik terkait dunia kerja? Kamu bisa berlangganan newsletter dari Glints, lho.

Yuk, segera daftarkan akunmu sekarang juga untuk mendapatkan beragam informasi menarik langsung ke inbox-mu.

Sumber

    25 Ways You Can Make Your Life Healthier in the Office

    12 Mindless Office Habits That Are Secretly Making You Unhealthy

    5 Unhealthy Workplace Habits to Break in 2015

    Heart and Mind in Conflict: the Interplay of Affect and Cognition in Consumer Decision Making

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”