Waspada 5 Hal ini Jika Mobil Sering Dijemur!

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/06/ZXn5Pos1/mobil-sering-dijemur-6-c6ae.jpg”>

Saat parkir untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya memang Anda memilih tempat yang memiliki penutup bukan ditempat terbuka. Karena jika Anda parkir di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung, maka itu sama saja dengan “menjemur” mobil.

Jika mobil sering dijemur maka akan ada efek negatif terhadap mobil dari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Bahkan dampak buruk ini bukan cuma mengintai bagian ekterior namun juga interior mobil.

Berikut efek-efek negatif jika mobil sering dijemur:

1. Cat Mobil

Cat menjadi korban pertama dari ganasnya sinar matahari

Bagian pertama yang akan rusak ketika mobil selalu terkena paparan sinar matahari langsung adalah cat mobil. Cat eksterior bisa lebih pudar dan kusam apabila sering terjemur sinar matahari. Jika sudah seperti ini maka Anda butuh perawatan ekstra untuk mengembalikan warna cat mobil Anda agar kembali berkilau.

2. Karet-Karet

Karet kaca bisa mudah getas kalau terkena sinar matahari

Apabila mobil sering dijemur, karet-karet pada bagian eksterior mobil juga akan terkena dampaknya. Suhu yang tinggi berpotensi memanggang karet-karet tersebut sehingga lebih cepat getas. Bagian yang terkena efek negatif ini antara lain karet-karet kaca.

3. Wiper

Sebaiknya tegakkan batang wiper saat parkir di tempat terbuka

Dampak lainnya saat mobil sering terkena sinar matahari adalah karet wiper yang mudah rusak lantaran menjadi kering atau getas. Kalau sudah begini, maka kaca depan akan baret kala wiper diaktifkan. Sebaiknya selalu tegakkan batang wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca jika Anda terpaksa parkir di bahwa sinar matahari untuk wkatu yang lama.

4. Dasbor

Dasbor juga bisa pudar dan pecah-pecah

Selain bagian eksterior, ruang kabin mobil juga bisa terkena dampak apabila mobil sering dijemur. Dasbor merupakan bagian yang bisa terkena dampak langsung dari sinar UV. Darbor akan menjadi pudar dan pecah-pecah apabila selalu terkena sorotan sinar matahari dalam waktu yang lama. Untuk meredamnya, sebaiknya Anda menggunakan kaca film yang berkualitas yang mampu menangkan efek sinar matahari ke kabin.

5. AC

Jangan langsung nyalahkan AC setelah parkir mobil di tempat terbuka

Para pengguna mobil biasanya akan langsung menyalakan AC sehabis parkir di tempat terbuka. Padahal langkah tersebut malah akan membuat kinerja AC tidak optimal. Sebaiknya apabila mobil sering dijemur dan ingin menggunakannya, buka terlebih dulu kaca jendela agar uap panas di kabin keluar, barulah Anda bisa menghidupkan AC.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”