Waspada! Baca Tips Berkendara Saat Hujan

ulinulin.com – Musim hujan sedang berlangsung dan intensitas hujan semakin tinggi saja setiap harinya. Maka dari itu tidak jarang kita dengar banyak berita kecelakaan akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan oleh kurang hati-hatinya pengendara saat melalui jalanan basah sehingga kecepatan kendaraan tetap disamakan dengan kecepatan ketika cuaca baik atau jalanan kering.

Berkendara saat hujan dan di jalanan basah itu tentu akan lebih sulit, karena jalanan yang agak licin membuat mobil akan dapat dengan mudah tergelincir. Hal ini tidak hanya terjadi pada ban mobil yang sudah botak, tapi juga bisa terjadi pada mobil yang bannya masih bagus. Nah, apa saja sih tips berkendara saat hujan dan agar aman sampai tujuan? Yuk baca tips di bawah ini :

1. Cek Keadaan Rem, Gas, dan Kopling

Hal ini adalah hal yang krusial untuk dilakukan agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Periksalah keadaan kondisi kontrol utama kendaraan Anda sebelum berkendara dan berikan perawatan yang ekstra selama musim hujan agar hal yang tidak diinginkan dapat terhindari. Dari ketiga komponen utama kontrol mobil tersebut, yang paling menjadi prioritas adalah rem. Bila rem tidak bekerja dengan baik makan akan bisa mengakibatkan kecelakaan. Dengan mengecek rem tentu Anda sudah melakukan salah satu tips berkendara saat hujan paling penting.

2. Periksa Keadaan Ban Mobil Anda

Untuk berkendara dengan aman, kondisi ban mobil juga perlu diperiksa secara berkala. Ban yang sudah botak akan sangat membahayakan Anda bila tetap digunakan di jalanan basah, karena tidak memiliki cengkraman sama sekali dengan aspal akibatnya mobil akan terus meluncur hingga menabrak sesuatu yang dapat menghentikan pergerakan mobil. Bila dirasa ban sudah botak segera ganti dengan ban baru agar Anda dapat tetap aman berkendara.

3. Jaga Kecepatan Anda

Mobil yang dipacu pada jalanan basah akan sangat sulit dikemudikan, karena aspal yang terkena air hujan akan berkurang tingkat kekesatannya mengakibatkan ban biasa akan tidak bisa mencekram dengan baik. Agar tidak terjadi apa-apa, maka jaga kecepatan berkendara Anda pada kecepatan normal dari 40km-60km. Dengan menjaga kecepatan tersebut Anda akan dengan mudah mengontrol kendaraan. Apalagi saat hujan lebat, dengan jaga kecepatan Anda telah melaksanakan tips berkendara saat hujan lebat yang juga tak kalah penting.

4. Ambil Jarak Teraman

Waktu yang dibutuhkan untuk berhenti ketika mengerem mobil di jalanan yang basah akan lebih lama dibandingkan dengan jalanan kering. Karena hal tersebut, penting rasanya untuk dapat terus menjaga jarak dengan mobil di depan agar bila ingin mengerem Anda mempunyai jarak yang cukup untuk berhenti dengan sempurna dan tidak menabrak mobil di depan.

Itulah 4 tips berkendara saat hujan yang bisa Anda lakukan agar bisa selamat sampai tujuan. Jangan pernah menyepelekan hal ini karena saat jalanan basah, apapun bisa terjadi. Tidak peduli apakah mobil Anda masih baru atau bukan. Dengan memperhatikan tips berkendara saat hujan lebat, tentu kecelakaan masih bisa kita hindari.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”