Waspada Meledak Saat Mengisi Baterai Ponsel di Mobil

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/11/ZXn5Pos1/mengisi-baterai-ponsel-di-mobil-1-1a9d.jpg”>

Di era mobilitas yang tinggi, keberadaan perangkat mobile seperti ponsel atau tablet menjadi hal yang sangat krusial. Bahkan ponsel seakan sudah menjadi peralatan wajib yang harus dibawa kemana pun seseorang pergi, termasuk ketika berkendara.

Demi menunjang kebutuhan generasi urban ini, para produsen otomotif pun sudah membekali produksi mobil-mobil modern dengan ketersediaan power output. Fungsinya tentu saja sebagai sumber listrik jika pemilik mobil membutuhkan untuk mengisi baterai ponsel di mobil.

Jadi, sembari mereka berkendara dari satu titik ke titik yang lain, mereka bisa sambil mengisi baterai ponsel. Sehingga ketika sudah sampai di tujuan, maka baterai ponsel si pemilik mobil pun sudah terisi penuh. Namun ada yang perlu diperhatikan saat akan mengisi baterai ponsel di mobil. Salah-salah ponsel Anda bisa meledak di dalam mobil.

1. Menganggu Sistem Kelistrikan

Arus listrik di mobil tidak stabil untuk mengisi baterai ponsel

Banyak mitos yang menyebut jika mengisi baterai ponsel di mobil akan membuat aki mobil jadi soak. Anggapan itu adalah salah, namun tidak menutup kemungkinan malah jadi benar. Hal ini disebabkan kondisi listrik di mobil cenderung naik turun tidak stabil dan akan semakin tidak stabil dengan digunakannya listrik untuk keperluan pengisian daya baterai ponsel.

Kondisi tersebut akan diperparah jika kondisi aki mobil Anda juga sudah tidak lagi baik. Pemasangan charger ponsel di mobil akan mempengaruhi output pada alternator. Sehingga aki tidak akan mendapat asupan daya listrik yang membuat sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan jadi terganggu.

2. Merusak Baterai Ponsel

Baterai akan menggembung jika terlalu lama di-charge di mobil

Sebenarnya yang lebih beresiko rusak jika ponsel di charge di mobil adalah baterai ponsel itu sendiri. Karena arus listrik di mobil cenderung naik turun tidak stabil, maka ini akan mempengaruhi baterai ponsel.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya gunakan mobile charger berkualitas yang direkomendasikan oleh perusahaan ponsel. Selain itu jangan mengisi baterai ponsel di mobil dalam waktu yang terlalu lama karena akan membuat baterai panas atau menggembung.

3. Ponsel Meledak

Baterai terlalu panas penyebab ponsel meledak

Beberapa kasus ditemukan ponsel yang sedang di-charge di dalam mobil malah meledak. Kondisi ini memang bisa saja terjadi pada siapa saja. Karenanya cabut ponsel jika saat diisi daya, ponsel mengalami panas yang berlebihan.

Kemudian cabut charger ponsel saat Anda harus melakukan atau menjawab panggilan telepon. Jangan letakkan ponsel yang sedang di-charge di area yang terkena sinar matahari langsung, misalnya di permukaan atas dasbor, karena ini akan menambah panas ponsel. Jika terasa panas saat mengisi baterai ponsel di mobil, maka cabut ponsel dan dinginkan di depan kisi-kisi AC.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”