Xi Jinping: Dunia Butuh China!

ulinulin.com – Presiden Xi Jinping menegaskan bila dunia membutuhkan China. Presiden China itu turut menyampaikan bila China membutuhkan dunia.

“China tak akan bisa berkembang tanpa dunia dan dunia juga membutuhkan China,” ucap Xi sebagaimana dilansir kantor berita AFP, Minggu (23/10/2022).

Hal itu disampaikan Xi dalam jumpa pers usai mengukuhkan diri sebagai pemimpin tiga periode yang diusung dalam Kongres Partai Komunis China. Xi turut menyebutkan bila China mampu menciptakan 2 keajaiban yaitu percepatan ekonomi dan kestabilan sosial jangka panjang.

“Setelah lebih dari 40 tahun melakukan upaya tanpa henti dalam reformasi dan keterbukaan, kita telah menciptakan 2 keajaiban yaitu pembangunan ekonomi yang cepat dan stabilitas sosial jangka panjang,” imbuh Xi.

Sebelumnya Kongres Partai Komunis China yang digelar setiap lima tahun ditutup oleh Xi pada Sabtu (22/10) waktu setempat. Dalam penutupan itu, Partai Komunis China meneguhkan dukungan untuk ‘posisi inti’ Xi sebagai pemimpin partai tersebut.

Xi lantas mempromosikan para sekutunya ke dalam pengurus tertinggi Partai Komunis China. Hal ini semakin mengukuhkan cengkeraman Xi sebagai pemimpin partai selama 3 periode.

Resolusi yang diloloskan secara bulat untuk amandemen konstitusi partai menyatakan semua anggota diwajibkan untuk ‘menjunjung tinggi posisi inti Kamerad Xi Jinping pada Komisi Pusat Partai dan dalam partai secara keseluruhan’. Dalam pidatonya menutup Kongres Partai Komunis China yang digelar sepekan terakhir di Great Hall of the People di Beijing, Xi memberikan pesan khusus kepada seluruh anggota partai yang berkuasa di China untuk selalu berjuang dan menang.

“Berani berjuang, berani menang, jangan pedulikan yang lain dan bekerja keras. Bertekad untuk terus maju,” ucap Xi kepada para delegasi partai yang menghadiri kongres ini.

Kongres ini dihadiri oleh 2.300 delegasi partai yang terpilih dari berbagai wilayah China, untuk menyetujui perombakan kepemimpinan. Komisi Pusat Partai Komunis yang baru, beranggotakan 200 pejabat senior partai, telah dipilih sesaat setelah pukul 11.00 waktu setempat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”