Yang Harus Dilakukan Bila Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19

ulinulin.com – Penularan utama virus corona jenis baru terjadi lewat droplet atau tetesan air liur dari seseorang yang terinfeksi saat bersin, batuk, atau berbicara.

Oleh karena itu, kita harus melakukan physical distancing atau menjaga jarak dari orang lain untuk meminimalisir penularan Covid-19 .

Melansir laman Cleveland, kita harus menjaga jarak dengan orang lain minimal dua mater dan melakukan kontak langsung tidak lebih dari 10 menit.

Namun, terkadang kita harus mengerjakan aktivitas yang membuat kita melakukan kontak langsung dengan orang lain, misalnya saat berbelanja.

Terkadang, tanpa disadari kita berada di dekat seseorang yang terinfeksi atau membawa virus corona.

Hal ini tentu akan membuat risiko kita untuk terinfeksi juga semakin besar.

Apa yang harus kita lakukan saat kita berada di sekitar orang yang berpotensi menularkan Covid 19?

Menurut pakar penyakit menular Kristin Englund, berada di sekitar orang yang terinfeksi virus corona tidak membuat kita berisiko tinggi mengalami hal yang sama.

Namun, jika orang itu batuk atau bersin di dekat kita, maka peluang kita untuk tertular juga tinggi.

Saat hal itu terjadi, Englund menyarankan agar kita melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Anda harus berada di rumah dan membatasi interaksi dengan orang lain meski tidak merasakan gejala apa pun,” ucap Englund.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran karena siapa saja bisa membawa virus dan menularkannya kepada orang lain meski tidak menunjukan gejala apa pun.

“Jika Anda mengalami gejala seperti batuk, demam, atau sesak napas, hubungi penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan pertolongan lanjutan,” tambahnya.

Ahli paru-paru Joseph Khabbaza juga mengatakan, sekitar 80 persen orang yang terinfeksi Covid-19 hanya menunjukan gejala ringan. Inilah yang membuat penyebaran virus ini semakin tak terkendali.

“Gejala yang ditunjukan pun terkadang tidak spesifik dan mirip dengan penyakit lain, seperti flu atau pilek. Inilah yang turut membuat banyak orang tidak sadar jika mereka membawa virus,” tambah Khabbaza.

Menurut Khabbaza, sangat sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang benar-benar membawa virus ini karena ada banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukan gejala.

Itu sebabnya, kita harus mengikuti instruksi dari pemerintah dan petugas medis untuk melakukan physical distancing dan karantina adalah cara penting untuk memutus penyebaran virus ini.

Selain itu, menjaga kebersihan juga menjadi kunci penting untuk mencegah infeksi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin, baik dengan antiseptik berbasis alkohol atau sabun dan air mengalir.

Melakukan isolasi mandiri

Melakukan isolasi mandiri di rumah sangat penting untuk mengurangi risiko kita menulari orang lain.

Menurut laman NHS, kita harus berada di rumah selama 14 hari sejak merasa terpapar virus corona jika kita tinggal sendiri.

Jika kita tinggal bersama orang lain, semua orang yang tinggal bersama kita harus melakukan isolasi selama 14 hari.

Risiko kita untuk menularkan virus kepada orang yang tinggal bersama kita sangat tinggi.

Oleh karena itu, melakukan isolasi mandiri selama 14 hari akan mengurangi risiko kita semua untuk menularkannya kepada orang lain dalam jumlah yang lebih besar.

Sementara itu, orang yang tertular virus namun tidak menunjukan gejala apapun sebaiknya melakukan isolasi mandiri selama 14 hari untuk memastikan tidak ada lagi virus di tubuhnya sehingga tidak menularkannya kepada orang lain.

Selama melakukan isolasi mandiri, kita tidak boleh menerima tamu dan menggunakan angkutan umum.

Kita juga tidak diperbolehkan berbagi handuk, pakaian, sikat gigi, atau pisau cukur dengan orang lain.

Selain itu, kita harus menjaga jarak minimal dua meter dengan orang yang tinggal bersama kita dan tidur sendiri bila memungkinkan.

Jika dalam rumah kita terdapat orang yang memiliki penyakit kronis atau termasuk kelompok rentan terinfeksi, pertimbangkan agar mereka bisa mendapatkan tempat tinggal lain untuk sementara waktu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”