Yuk Atasi Takometer Isuzu Panther Ngadat

ulinulin.com

Isuzu Panther dengan mesin dieselnya memang terkenal irit, dan iritnnya perubahan spesifikasi teknik Isuzu Panther mulai dari generasi pertama hingga terakhir seakan menyumbang keunggulan tersendiri. Hal ini membuat para pecinta Isuzu Panther atau lazim disebut Panther mania lebih mudah dalam mengenal karakter mobil ini luar dan dalam. Masalah yang muncul juga tidak terlalu bervariasi.

Kehandalan Isuzu Panther seakan tak terbantahkan

Dahulu sebelum era Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia apalagi Mitsubishi Xpander. Tepatnya pada tahun ’90an bisa dibilang hanya dua mobil yang bersaing sengit memperebutkan kue di pasar mobil keluarga kelas bawah hingga menengah. Yakni Isuzu Panther dan Toyota Kijang. Dan saat ini, Isuzu Panther juga masih dijual oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia sebagai salah satu produk andalan mereka.

Ruang mesin yang turut tersemprot air bertekanan dapat membuat soket menjadi basah

Mobil serbaguna ini memang handal dan hal itu tidak pernah diragukan lagi. Namun selayaknya buatan manusia yang tidak sempurna, Isuzu Panther juga tidak bebas akan masalah. Ada saja masalah-masalah kecil yang mengganggu. Salah satunya adalah penunjuk putaran mesin alias takometer kepunyaan Isuzu Panther yang ngadat. Takometer Isuzu Panther yang ogah bekerja kadang terjadi setelah mobil dicuci steam atau dibilas dengan air bertekanan.

Soket ini yang biasanya basah dan harus dikeringkan

Masalah takometer Panther yang tidak bekerja ini biasanya disebabkan oleh masalah kelistrikan. Sebab, takometer Panther mengambil sinyal dari injection pump, masalah biasanya muncul pada soket kabel sinyal ini. Soket tersebut rentan terkena semprotan air yang menyebabkannya gagal berfungsi. Jadi, ada dua buah soket penyambung kabel takometer, sambungan pertama berada di dekat injection pump dan berwarna hitam. Peranti tersebut mudah terkena percikan air.

Takometer pada Isuzu Panther akan kembali bekerja setelah dilakukan pengeringan soket

Untuk soket kedua, terletak pada firewall, tepatnya ada di bawah booster rem. Jika takometer ngadat alias enggan bekerja, umumnya kedua soket ini yang menjadi penyebabnya. Cara mengatasinya pun mudah, hanya tinggal melepas soket, lalu semprot dengan cleaner untuk mengikis kotoran. Agar makin aman, bisa disemprot lagi dengan contact cleaner atau cairan penetran untuk melumasi. Setelah kering, Anda tinggal sambung lagi kabelnya dan takometer akan hidup kembali.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”